Kategori
Analisis Pasar

Analisis Pasar Crypto Hari Ini (22 Juli 2024): BTC Dapat Akhiri Juli dengan Tren Positif!

Reading Time: 6 minutes

Investor crypto setidaknya dalam pekan lalu bisa sedikit tersenyum dengan kembalinya harga Bitcoin (BTC) ke kisaran $68 ribu. Membaiknya harga BTC ini didorong oleh arus masuk positif ETF BTC selama 11 hari berturut-turut. Selain itu, drama jual BTC oleh Pemerintah Jerman juga telah mereda. Mungkinkan pasar crypto bisa ditutup positif bulan Juli? Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 🟢 BTC ada di dalam tren positif setelah berhasil pulih ke kisaran $68 ribu. Tren positif ini disebabkan oleh arus masuk yang besar ke ETF BTC.
  • 📈 Indeks Harga Produsen Amerika Serikat (AS) di Juni naik 0,2% dibandingkan Mei 2024.
  • 📝 Penjualan ritel di AS tetap tidak berubah di bulan lalu dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Selain itu, di bulan Juni, unit rumah yang dimiliki secara pribadi yang disahkan oleh izin mendirikan bangunan mencapai tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 1.446.000.

Analisis Makroekonomi

Indeks Harga Produsen Bulanan

Melansir data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) yang dirilis pada hari Jumat mengindikasikan bahwa indeks harga produsen (PPI) untuk permintaan akhir naik 0,2% di bulan Juni dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Bahkan secara tahunan, PPI alami kenaikan hingga 2,6%.

Laporan PPI ini khusus menyoroti kenaikan dalam biaya layanan sebesar 0,6%, dengan hampir semua pertumbuhan dikaitkan dengan kenaikan dalam margin untuk pedagang grosir dan pengecer sebesar 1,9%. Di samping itu, tidak termasuk makanan, energi, dan jasa perdagangan yang menjadi komponen-komponen volatilitas, indeks ini tetap tidak berubah dari bulan sebelumnya dan menunjukkan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 3,1%.

Lebih lanjut, laporan inflasi grosir ini mengikuti laporan indeks harga konsumen (IHK), yang menunjukkan penurunan pertama sejak pandemi dimulai, sehingga membuka peluang bagi Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga pada awal September.

Kenaikan PPI terutama didorong oleh margin yang lebih tinggi di sektor jasa, terutama di antara pedagang grosir dan pengecer yang menunjukkan bahwa bisnis-bisnis ini membebankan biaya yang lebih tinggi kepada konsumen dapat berkontribusi pada inflasi secara keseluruhan. Selain itu, penurunan harga barang secara bulanan berturut-turut mengindikasikan penurunan harga barang, yang dapat membantu mengurangi tekanan inflasi dari sektor jasa.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Sentimen Konsumen Michigan: Menurut laporan awal Indeks Sentimen Konsumen Michigan, sentimen konsumen di bulan Juli turun ke level terendah dalam delapan bulan terakhir. Indeks ini turun 2,2 poin (3,2%) dari angka akhir bulan Juni yang berada di 66,0. Angka terakhir ini berada di bawah perkiraan yang diantisipasi sebesar 68,5. Penurunan sentimen konsumen ini menunjukkan kehati-hatian di kalangan konsumen dan bisnis, yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dan mempengaruhi keputusan kebijakan moneter.
  • Indeks Manufaktur Negara Bagian New York: Survei Empire State Manufacturing melaporkan bahwa, aktivitas manufaktur di negara bagian New York mengalami sedikit penurunan di bulan Juli, di mana terlihat dari Indeks Kondisi Bisnis Umum turun menjadi -6,6, turun dari -6,0 di bulan Juni, dan berada di bawah ekspektasi -5,5. Secara keseluruhan, indeks ini menunjukkan tantangan-tantangan di bidang manufaktur namun juga mengisyaratkan potensi perbaikan di masa depan yang memengaruhi ketenagakerjaan, inflasi, dan prospek pertumbuhan ekonomi.
  • Penjualan Ritel: Penjualan ritel di Amerika Serikat bulan Juni melebihi ekspektasi pasar yang memperkirakan penurunan sebesar 0,3 persen, menunjukkan bahwa belanja konsumen tetap kuat meskipun suku bunga tinggi. Penjualan ritel bulan Juni mencapai lebih dari $704,3 miliar, dengan revisi kenaikan bulan Mei menjadi 0,3 persen. Data menunjukkan peningkatan penjualan online sebesar 1,9 persen, penjualan produk kesehatan dan perawatan pribadi sebesar 0,9 persen, serta penjualan pakaian, aksesori, dan furniture sebesar 0,6 persen.
  • Izin Mendirikan Bangunan: Pada bulan Juni, unit rumah milik pribadi yang disahkan oleh izin mendirikan bangunan mencapai tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 1.446.000. Kenaikan ini menandai 3,4 persen dari tingkat revisi Mei sebesar 1.399.000 meski 3,1 persen lebih rendah dari tingkat Juni 2023 sebesar 1.493.000. Otorisasi keluarga tunggal pada bulan Juni berada pada tingkat 934.000 yang merupakan 2,3 persen di bawah angka revisi Mei 956.000.
  • Klaim Pengangguran Awal: Menurut data Departemen Tenaga Kerja yang dirilis Kamis (18/7), klaim awal naik 20.000 menjadi 243.000 untuk pekan yang berakhir 13 Juli, mencapai level tertinggi sejak Agustus 2023. Kenaikan ini melebihi perkiraan median 229.000 dari survei Bloomberg terhadap para ekonom. Klaim lanjutan yang mewakili jumlah orang yang menerima tunjangan pengangguran, meningkat 20.000 menjadi 1,87 juta untuk pekan yang berakhir 6 Juli, menandai level tertinggi sejak November 2021.

Analisis Harga BTC

Tren bullish BTC kembali terlihat kuat dengan beberapa faktor negatifnya seperti aksi jual BTC oleh Pemerintahan Jerman senilai $3,5 miliar, hingga bursa crypto Mt Gox yang telah berhasil melunasi utang terhadap 65% kreditornya. Justru memasuki akhir Juli ini permintaan baru terhadap BTC semakin tinggi yang didukung oleh positifnya arus masuk dalam ETF BTC yang mencerminkan kuatnya kepercayaan investor.

Dari grafik BTC harian menunjukkan pemulihan berbentuk V yang kuat dari level support $53.500. Bullish reversal ini telah meningkatkan nilai BTC sebesar 24,86%, dan diperdagangkan di kisaran $66,597 per tanggal 20 Juli 2024, dan meningkatkan kapitalisasi pasarnya menjadi $1,315 triliun.

💡 Harga BTC sempat mengalami volatilitas sesaat setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya di pemilihan Presiden AS dan menunjuk Wakil Presiden AS Kamala Haris menggantikan dirinya menjadi kandidat Calon Presiden. BTC sempat turun ke harga $65,833 dan tak berselang lama pada (22/7) harga BTC naik di kisaran $68 ribu.

Harga BTC yang mendorong ke atas Bollinger Band mengindikasikan dominasi pembeli di pasar crypto saat ini. Tren positif ini kemungkinan besar disebabkan oleh arus masuk yang besar ke ETF BTC. Pada tanggal 19 Juli lalu, ETF Bitcoin mengalami arus masuk bersih sebesar $383,6 juta yang menandai 11 hari berturut-turut arus masuk positif.

BELI BITCOIN SEKARANG!

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun menunjukkan tekanan jual yang rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase keyakinan di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi dalam jumlah tinggi.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen beli sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang diisi oleh pengambil posisi. Ketika Open Interest (OI) meningkat mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi overbought di mana 75.00% pergerakan harga dalam dua minggu terakhir telah naik dan terjadi pembalikan tren. Stochastic mengindikasikan kondisi oversold dengan harga mendekati level tertinggi dalam dua minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • TVL Solana Mendekati Angka $5 Miliar, Cetak Rekor Baru untuk Raydium dan Jupiter. Total nilai atau aset yang dikunci (TVL) Solana dalam aplikasi terdesentralisasi (dapps) mendekati $5 miliar dan mencapai level tertinggi sejak Februari 2022. Kenaikan signifikan ini menandai posisi Solana sebagai blockchain terbesar ketiga di DeFi yang melampaui Binance’s BNB Smart Chain. Pencapaian penting termasuk Raydium, bursa terdesentralisasi terbesar di Solana, melampaui TVL $1 miliar, dan Jupiter Perpetual Exchange yang mencapai lebih dari $500 juta. Blockchain Solana telah menarik kripto senilai $1 miliar sejak 5 Juli, yang menunjukkan momentum yang kuat untuk dapps dan pertumbuhan berkelanjutan di ruang DeFi.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Catat Tanggalnya! 23 Juli SEC Dikabarkan Setujui Peluncuran ETF Ether. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah memberikan persetujuan awal kepada setidaknya tiga dari delapan manajer aset untuk meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) terkait dengan ETF Spot ETH, yang dikabarkan akan mulai diperdagangkan pada Selasa (23/7). Menyusul keberhasilan peluncuran sembilan ETF bitcoin spot AS pada bulan Januari, hal ini menandai langkah signifikan bagi industri mata uang crypto.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • dogwifhat (WIF) +46,23%
  • Helium (HNT) +43,59%
  • Arweave (AR) 40,96%
  • Worldcoin (WLD) +38,83%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Uniswap (UNI) -4,85%
  • Aave (AAVE) -3,82%
  • TRON (TRX) -2,97%
  • Toncoin (TON) -2,03%

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *