Kategori
Analisis Pasar Pemula

Sinyal Crypto Hari Ini, 30 Juli 2024: Tren Bullish Crypto Masih Berlanjut!

Reading Time: 4 minutes

Tren positif pasar crypto rupanya masih terus berlanjut pada pekan ini. Pada pekan lalu terdapat beberapa agenda penting yang menjadi katalis positif untuk pasar crypto. Mulai dari peluncuran ETF Ethereum spot, serta pidato Donald Trump selaku calon Presiden AS di konferensi Bitcoin yang digelar di Nashville.

Pada konferensi tersebut Trump menyampaikan bahwa jika terpilih sebagai presiden AS, ia akan membuat Bitcoin sebagai sebagai strategic reserves AS serta memecat Gary Gensler dan memilih Ketua SEC baru. Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa pernyataan bernada positif terkait Bitcoin dan pasar crypto.

Candle mingguan BTC berhasil ditutup di atas level $68.000 merespons beberapa sentimen positif yang ada. Hal tersebut menjadi modal berharga bagi BTC untuk melanjutkan pergerakan positif pada minggu ini. Kini, BTC akan mencoba menguji level $70.000 sebagai level resistance psikologis.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Jupiter (JUP) ➡️ Bullish 🚀

Token JUP sebaiknya masuk ke dalam watchlist minggu ini karena ia berpotensi mengalami kenaikan. Hal tersebut didasari oleh Jupiter yang akan memulai diskusi dan voting terkait proposal untuk mengurangi emisi jangka panjang dan pasokan JUP sebesar 30%. Nantinya, alokasi sebesar 30% tersebut akan diambil dari kepemilikan tim inti Jupiter.

JUP merupakan salah token yang tidak mempunyai investor langsung. Dengan demikian, rencana pengurangan pasokan tersebut bisa mengurangi beban pada Fully Dilluted Volume (FDV). Selain itu, hal tersebut juga akan mengatasi kekhawatiran terkait tingginya tingkat emisi JUP. Jika disetujui, pasokan token JUP akan berkurang dari 10 miliar JUP menjadi hanya 7 miliar JUP

Proses pemungutan suara ini akan berlangsung mulai dari 1 Agustus 2024 dan ditutup pada 2024. Jika nanti mayoritas anggota DAO Jupiter menyetujui proposal tersebut, berkurangnya pasokan JUP bisa menjadi katalis positif bagi pergerakan harga tokennya.

Saat ini, JUP diperdagangkan di level Rp 17.505 . Dalam seminggu terakhir, ia sempat mencapai level tertingginya di Rp 19.864 dan level terendah di Rp 15.191

MakerDAO (MKR) ➡️ Bullish 🚀

Token berikut yang bisa berada dalam tren bullish pada minggu ini adalah MakerDAO (MKR). Katalis positif yang berpotensi mengangkat harga MKR adalah inisiatif di sektor Real World Asset (RWA) yang baru saja digagas oleh Maker DAO.

Program yang bernama Spark Tokenization Grand Prix tersebut bertujuan untuk mendorong onboarding tokenisasi RWA hingga bernilai $1 miliar. Program tersebut dijadwalkan akan dibuka pada 12 Agustus mendatang. Sejauh ini, Securitize (Partner BlackRock), Ondo Finance, Paxos, dan Superstate telah mengumumkan ketertarikannya untuk ikut ambil bagian.

Spark Tokenization Grand Prix merupakan bagian dari Endgame Plan milik MakerDAO. Pada Endgame Plan tersebut, MakerDAI ingin memperbaiki tata kelola dan tokenomik dari ekosistem Maker untuk mencapai titik ekuilibrium yang berkelanjutan bernama Endgame State. Pada tahap tersebut, ekosistem MakerDAO diharapkan menjadi lebih tangguh dan kompleksitasnya tak lagi berubah.

Jika program ini sukses mendorong onboarding tokenisasi RWA, maka secara jangka panjang berpotensi memperkuat fundamental MakerDAO. Dengan demikian, harga token MKR juga akan ikut terangkat.

Jito (JTO) ➡️ Bullish 🚀

Selain JUP, token di ekosistem Solana lainnya JTO juga berpotensi berada dalam tren positif pekan ini. Penyebabnya adalah Jito yang hendak meluncurkan Jito Restaking, sebuah kode open-source baru yang berpotensi merevolusi mekanisme staking pada blockchain Solana.

Kode baru ini memungkinkan protokol yang dibangun di atas Solana untuk mengatur mekanisme yang menyediakan keamanan ekonomi untuk hampir semua aplikasi on-chain. Jito Restaking dibuat dengan tujuan meningkatkan utilitas token, mendukung strategi staking yang beragam, mendukung pengamanan jaringan sequencers L2, dan bridges lintas-rantai.

Saat ini, Jito Restaking sedang berada dalam tahap verifikasi dan audit kode. Ketika proses audit rampung dan fitur ini diluncurkan, maka hal tersebut bisa menjadi katalis positif yang bisa membuat harga JTO naik.

Saat ini, JTO diperdagangkan di level Rp 50.111 . Dalam seminggu terakhir, ia sudah mengalami kenaikan hingga 14,86% dan sempat mencapai level tertingginya di Rp 54.321.

Zeta Chain (ZETA) & Wormhole (W) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Pada pekan ini terdapat dua protokol yang akan melakukan token unlock yakni ZetaChain (ZETA) dan Wormhole (W). ZETA akan melakukan token unlock sebesar 53,89 juta token atau sekitar 18,92% dari total sirkulasi pada 1 Agustus 2024. Jumlah tersebut setara dengan $34,58 juta yang akan dibuka untuk investor dan insentif ekosistem ZetaChain.

Sementara W akan melakukan token unlock sebesar 600 juta atau sekitar 33% dari total sirkulasi pada 3 Agustus 2024. Dengan valuasi ALT saat ini, yakni $0,287 maka token unlock tersebut setara dengan $180,48 juta.

Adanya tambahan pasokan token bisa memicu volatilitas pada harga ZETA dan W dalam jangka pendek. Jika tidak ada permintaan yang mengimbangi jumlah pasokan yang bertambah, maka besar kemungkinan harga token ZETA dan W akan terkoreksi. Terlebih lagi untuk token W yang memiliki token unlock dengan jumlah tergolong besar tersebut.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • RSK Infrastructure Framework (RIF): 🔼30,27% (Rp 1.886)
  • LayerAI (LAI): 🔼27,85% (Rp 280)
  • Cortex (CTXC): 🔼23,06% (Rp 3101)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Pixelverse (PIXFI): 🔽34,06% (Rp 506)
  • Inspect (INSP): 🔽26,28% (Rp 343)
  • Heroes of Mavia (MAVIA): 🔽24,50% (Rp 30.580)

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *