Kategori
Analisis Pasar

Analisis Pasar Crypto Hari Ini (5 Agustus 2024): BTC Longsor di Pekan Pertama Agustus

Reading Time: 5 minutes

Bitcoin (BTC) awali pekan pertama Agustus 2024 dengan penurunan harga yang signifikan setelah menutup bulan Juli dengan kenaikan positif. Penurunan ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti lemahnya laporan ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS), ketegangan di Timur Tengah, hingga peluang Donald Trump memenangi pemilu diprediksi menurun. Simak analisis lengkapnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 📉 BTC menembus di bawah support Exponential Moving Average (EMA) 50 hari dan sekarang didukung oleh garis retracement Fibonacci 0.5.
  • 🔻 Pendapatan dan belanja pribadi di AS di bulan Juli tidak sesuai ekspektasi dan cenderung melambat.
  • 🔴 Indeks PCE Inti juga turut melambat pada bulan Juni 2024 membuat The Fed semakin yakin bahwa inflasi berada pada jalur menuju target 2 persen.
  • 📝 Ketua The Fed Jerome Powell pekan lalu menyatakan suku bunga bisa saja diturunkan pada awal September 2024, namun dengan catatan perekonomian AS bisa berjalan sesuai proyeksi.

Analisis Makroekonomi

Pendapatan dan Belanja Pribadi Warga AS Alami Perlambatan

Biro Analisis Ekonomi AS melaporkan, pendapatan pribadi warganya di bulan Juni mengalami kenaikan 0,2% ($50,4 miliar), namun kenaikan ini masih di bawah ekspektasi pasar yang menginginkan kenaikan 0,4%. Dari angka tersebut, pertumbuhan pendapatan pribadi dan belanja pribadi AS bisa dikatakan melambat pada bulan Juni dibandingkan bulan sebelumnya.

Pendapatan pribadi sekali pakai yang dikurangi pajak juga ‘hanya’ naik 0,2% ($37,7 miliar) di bulan Juni, turun dari kenaikan sebesar 0,5% di bulan Mei. Pengeluaran konsumsi pribadi juga cuma naik 0,3% di bulan Juni yang sebenarnya masih sesuai dengan ekspektasi pasar, namun dibandingkan dengan kenaikan di bulan Mei sebesar 0,4% artinya terjadi perlambatan.

Sisi positifnya, meski kenaikannya masih di bawah ekspektasi, PCE dalam dolar di bulan Juni naik sebesar $57,6 miliar yang mencerminkan adanya peningkatan belanja jasa sebesar $53,1 miliar, dan belanja barang sebesar $4,5 miliar. Kontributor utama yang mendorong adalah produk farmasi, medis, dan barang-barang rekreasi.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Indeks PCE Inti: Indeks PCE Inti yang jadi indikator inflasi tahunan pilihan The Fed relatif stabil di bulan Juni sebesar 2,6% naik tipis 0,2% di bulan Juni. Secara bulanan, indeks ini hanya naik 0,1%. Indeks PCE Inti terus melambat pada bulan Juni 2024 membuat The Fed semakin yakin bahwa inflasi berada pada jalur menuju target 2 persen.
  • Sentimen Konsumen Michigan: Sentimen ini di bulan Juli turun ke level terendah menjadi 66,4 dari 68,2 pada bulan Juni. Bahkan di kuartal-I, sentimen ini juga alami penurunan yang disebabkan tingginya biaya hidup dan meningkatnya pinjaman.
  • Lowongan Kerja JOLTS: Berdasarkan Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja terbaru dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, jumlah posisi lowongan kerja yang buka sedikit menurun di bulan Juni. Di samping itu, aktivitas perekrutan juga ikut menurun meski Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tetap rendah dan jumlah orang yang berhenti dari pekerjaan mencapai level terendah dalam tiga tahun. Hal ini merupakan indikasi lain bahwa pasar tenaga kerja yang tadinya bergejolak, kini tidak hanya mulai stabil namun mungkin bergerak menuju penurunan.
  • Perubahan Ketenagakerjaan ADP AS: Pertumbuhan lapangan kerja swasta melambat di bulan Juli, hanya mampu menambah 122 ribu pekerjaan. Ini menandai laju paling lambat sejak bulan Januari yang tidak mampu mencapai 155 ribu pekerjaan.
  • Suku Bunga The Fed: Ketua The Fed Jerome Powell pekan lalu menyatakan suku bunga bisa saja diturunkan pada awal September 2024, namun dengan catatan perekonomian AS bisa berjalan sesuai proyeksi. The Fed sendiri mengakhiri pertemuan kebijakan dengan mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran 5,25%-5,50% yang ditetapkan setahun lalu.
  • Klaim Pengangguran Awal: Menurut data Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis hari Kamis pekan lalu, klaim awal naik 14,000 menjadi 249,000 untuk pekan yang berakhir 27 Juli. Angka ini melampaui perkiraan median sebesar 236,000 permohonan dalam survei ekonom, dengan peningkatan signifikan dilaporkan di negara bagian seperti Michigan dan Missouri.

Analisis Harga BTC

Harga crypto mengalami penurunan dengan BTC turun hingga $60 ribu. Padahal Ketua Fed bersikap dovish setelah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) hari Rabu lalu yang menyatakan bahwa penurunan suku bunga dapat terjadi pada awal bulan September.

BTC menembus di bawah support EMA 50 hari dan sekarang didukung oleh garis retracement Fibonacci 0.5. Investor yang bertaruh pada kenaikan harga crypto terpaksa menyelesaikan posisi mereka dengan cepat pada Rabu malam karena pasar mata uang crypto anjlok. Dalam 24 jam terakhir pasar crypto terlikuidasi dengan total $230.94 juta. Selama periode ini, likuidasi jangka panjang berjumlah $208,01 juta, mewakili sebagian besar posisi yang bertaruh pada kenaikan harga. Selain itu, posisi short senilai $22,95 juta juga dilikuidasi.

💡 Pada Senin (5/8) pagi, harga BTC terjun hingga menyentuh harga $53 ribu. Beberapa faktornya disebabkan oleh kinerja ekuitas dengan S&P 500 turun sebanyak 4,4%, penurunan indeks Nikkei 225 Jepang sebesar 6,7%.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun menunjukkan tekanan jual yang rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase keyakinan di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi dalam jumlah tinggi.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang diisi oleh pengambil posisi. Ketika Open Interest (OI) meningkat mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi netral. Stochastic mengindikasikan kondisi netral dengan harga berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam dua minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Volume DEX Bulanan Solana Ungguli Ethereum! Solana di bulan Juli mencatatkan volume DEX sebesar $55,876 miliar, melampaui Ethereum yang hanya mencapai $53,868 miliar. Peningkatan ini didorong oleh kecepatan jaringan Solana dan biaya transaksi yang lebih rendah sehingga menarik banyak pengguna Decentralized Finance (DeFi). Sebaliknya, Ethereum mengalami penurunan dalam peringkat volume DEX karena biaya transaksi yang tinggi. Ini merupakan pertama kalinya Solana mengungguli Ethereum dalam volume bulanan DEX dan meningkatkan kepercayaan komunitas terhadap token SOL.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • MicroStrategy Berencana Jual Saham untuk Tambah Bitcoin Senilai $2 Miliar. MicroStrategy berencana untuk menjual hingga $2 miliar saham Kelas A untuk membeli lebih banyak Bitcoin dan untuk keperluan perusahaan secara umum, seperti yang diungkapkan dalam pengajuan peraturan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. Perusahaan yang dipimpin oleh Michael Saylor ini telah memiliki 226.500 Bitcoin, dengan nilai lebih dari $14 miliar. Meskipun melaporkan kerugian kuartalan kedua berturut-turut dari bisnis perangkat lunaknya, MicroStrategy terus fokus untuk mengembangkan kepemilikan Bitcoin dan menegaskan kembali komitmennya sebagai pemegang Bitcoin publik terkemuka di dunia.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Aave (AAVE) +11,05%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • dogwifhat (WIF) -36,05%
  • Brett (BRETT) -30,20%
  • Ethena (ENA) -29,34%
  • Pepe (PEPE) -27,77%

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *