Kategori
Analisis Pasar

Sinyal Crypto Hari Ini, 6 Agustus 2024: Pasca Crash, Pasar Crypto Berhasil Rebound

Reading Time: 4 minutes

Merah. Berdarah. Itulah kondisi pasar crypto di awal pekan ini. BTC, ETH, dan altcoin lainnya ramai-ramai mengalami tekanan jual masif dan berujung pada koreksi yang cukup dalam. BTC misalnya, ia sempat mencapai titik terendahnya di $49.512 pada Senin (5/8) malam. Nasib ETH malah lebih naas, ia sempat diperdagangkan di area $2.171.

Kedua level tersebut merupakan level terendah masing-masing aset dalam tujuh bulan terakhir. Nasib mayoritas altcoinnya bahkan lebih parah. Tak sedikit yang mengalami koreksi hingga 30% dalam 24 jam terakhir. Bahkan, jika dihitung dari level tertingginya di tahun ini, banyak yang sudah turun hingga 60-70%.

Biang keladi dari koreksi besar ini adalah langkan bank sentral Jepang yang menaikkan suku bunga dari 0% menjadi 0,25%. Imbasnya, para pemilik utang yen yang sebelumnya tidak dikenakan bunga, kini harus membayar bunga pinjaman. Di saat bersamaan, nilai yen Jepang menguat terhadap dolar AS.

Kondisi tersebut memberikan efek domino berupa sell-off dari pemilik utang untuk segera membayar bunga pinjaman. Hasilnya, imbal yield US Treasury 10 tahun dan saham-saham di bursa AS mengalami koreksi besar. Ada juga faktor sell-off besar-besar dari Jump Trading dan outflow pada ETF Bitcoin spot.

Namun, pada Selasa (6/8) pagi, pasar crypto kompak mengalami rebound. BTC sudah kembali berada di area $55.819 dan ETH berada di area $2.523

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Ethereum (ETH) ➡️ Bearish 📉

Peluncuran ETF Ethereum spot rupanya tidak menjadi katalis positif bagi ETH. Bahkan, yang terjadi justru sebaliknya, harga ETH turun tajam. Saat artikel ini ditulis, ETH berada di area $2.504. Harga tersebut merupakan yang terendah sejak awal Januari 2024 dan telah turun hampir 50% dari level tertingginya sepanjang masa.

Salah satu pemicu koreksi ETH adalah aksi jual besar-besaran yang dilakukan oleh beberapa investor institusional. Salah satu yang cukup menyorot perhatian adalah aksi jual yang dilakukan oleh Jump Crypto, sebuah firma trading.

Jika melihat dari data on-chain, Jump Trading telah menjual ETH senilai $850 juta sejak 24 Juli 2024. Pada saat bersamaan harga ETH dan crypto juga mulai turun sejak tanggal tersebut. Walau begitu, advokat Ethereum Anthony Sassano justru menyebut keluarnya Jump Trading dari pasar crypto merupakan salah satu katalis paling bullish untuk ETH.

Mereka (Jump Trading) telah menjadi parasit bagi industri crypto selama beberapa tahun ke belakang. Industri ini akan jauh lebih baik tanpa kehadiran mereka,” kata Sassana dalam cuitannya.

Banyak rumor beredar jika beberapa perusahaan investasi crypto akan menjual ETH yang mereka miliki. Jika hal tersebut terjadi, maka sulit untuk melihat ETH bisa keluar dari tekanan koreksi dalam waktu dekat. Namun, pada satu sisi, koreksi besar bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk melakukan DCA bagi mereka yang masih meyakini prospek ETH secara jangka panjang.

XAI (XAI) ➡️ Bearish 📉

XAI menjadi token yang berpotensi mengalami tren bearish pada pekan ini. Sentimen yang mungkin menekan harganya adalah token unlock yang akan dilakukan XAI. Protokol layer-3 khusus AAA gaming ini akan membuka sebanyak 35,88 juta token XAI atau 6,90% dari total pasokannya untuk tim, investor, dan ekosistem.

Padahal belum lama ini, XAI sudah melakukan token unlock sebesar 198,4 juta tau 38,16% dari total pasokannya. Semenjak token unlock tersebut, harga XAI telah turun dari $0,34 menjadi $0,199. Dengan demikian token unlock XAI pada pekan ini setara dengan $8,73 juta.

Seiring dengan adanya token unlock, maka lonjakan pasokan XAI secara tiba-tiba bisa memberikan tekanan terhadap harganya. Apalagi, jika para investor dan tim memutuskan untuk menjual kepemilikannya.

Filecoin (FIL) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Filecoin pada pekan ini berpotensi bergerak secara tidak menentu. Rencananya, mereka akan meluncurkan pembaruan Waffle pada 6 Agustus waktu setempat. Pembaruan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan Filecoin. Selain itu, ia juga bertujuan untuk memperluas integrasi Filecoin dengan ekosistem blockchain yang lebih luas.

Jika melihat dari proposalnya, setidaknya terdapat tiga dampak dari pembaruan Waffle. Pertama, penambahan penyimpanan menjadi lebih mudah dan hemat biaya yang diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan jaringan. Kedua, integrasi dengan transaksi Ethereum membuka kemungkinan aplikasi lintas-rantai. Ketiga, berkurangnya waktu konfirmasi sebuah transaksi.

Di atas kertas, pembaruan Waffle berpotensi menjadi katalis positif karena memperkuat fundamental Filecoin. Di satu sisi, agenda pembaruan tak terlepas dari momen sell the news yang berpotensi membuat harga FIL terkoreksi. Adapun, saat ini FIL berada di level Rp 54.789 atau naik 2,59% dalam 24 jam terakhir.

zkSync (ZK) ➡️ Tidak Menentu⚖️

ZK Chain milik Zksync akhirnya resmi mulai beroperasi melalaui peluncuran testnet GRVT pada 5 Agustus 2024. GRVT adalah exchange derivatif hybrid berbasis Validium ZK Chain yang memungkinkan pencocokan pesanan off-chain dan settlement on-chain dengan level 600.000 TPS.

Testnet publik tersebut bertujuan untuk menilai manajemen key account, fitur trading, serta ujicoba self custodial Wallet GRVT yang menggunakan biometrik. Dengan ikut serta pada testnet, pengguna memiliki kesempatan untuk mendapatkan token ZK, poin GRVT untuk pembagian airdrop, dan imbalan lainnya.

Kehadiran GRVT sebagai proyek ZKChain pertama di ZKSync dapat memicu terjadinya volatilitas terhadap harga token ZK. Apalagi dengan adanya kesempatan untuk mendapatkan token ZK melalui testnet. Di sisi lain, testnet tersebut sekaligus menjadi ajang pembuktian proyek ZK Chain apakah sesuai ekspektasi atau ternyata masih jauh dari ekspetasi.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Magic Square (SQR): 🔼18,70% (Rp 1.630)
  • Binary X (BNX): 🔼1.04% (Rp 22.646)
  • AEUR (AEUR): 🔼1,00% (Rp 17.833)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Lista Dao (LISTA): 🔽46,43% (Rp 8.198)
  • Kamino (KMNO): 🔽44,79% (Rp 400)
  • Pixelverse (PIXFI): 🔽43,28% (Rp 282)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

https://blockchain.news/news/filecoin-fil-network-upgrade-nv23-waffle-to-enhance-performance-and-integration

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *