Kategori
Analisis Pasar

Analisis Pasar 11 September 2023: Dolar Menguat, BTC Berpotensi Jatuh ke $23,500

Reading Time: 7 minutes

Bitcoin (BTC) terus mengalami pelemahan karena didorong oleh menguatnya performa mata uang dolar. Banyak spekulasi dan kekhawatiran bahwa dampak dari penguatan dolar tersebut akan terus menggerus harga BTC dan juga melemahkan pasar crypto. Apakah harga BTC akan terus terjun ke bawah? Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 🔴 Purchasing Managers Index (PMI) AS turun secara signifikan pada Agustus dan meningkatkan kekhawatiran terjadi stagflasi.
  • 🆘 Probabilitas kenaikan suku bunga akan terjadi di bulan November diperkuat dengan pernyataan Collins dari The Fed yang menyebut The Fed belum berhasil menekan inflasi.
  • 📉 Klaim pengangguran di AS mencapai titik terendah baru, menunjukkan pasar kerja yang stabil.
  • ✍🏻 Harga BTC berisiko jatuh karena penguatan Dolar AS, dengan potensi turun ke $23,500. Saat ini BTC tertahan di garis support Exponential Moving Average (EMA) 200 Minggu.

Analisis Makroekonomi

Analisis pekan ini dibuka dengan menurunnya indeks kegiatan bisnis Purchasing Managers Index (PMI) S&P Global Amerika Serikat (AS) pada bulan Agustus 2023 menjadi 50,5. Penurunan ini sangat signifikan jika dibandingkan pada bulan Juli sebesar 52,3. Adapun penurunan lain juga dialami oleh indeks komposit yang mencapai titik terendahnya sejak bulan Februari di mana dari 50,4 menjadi 50,2.

Hasil survei ini menunjukkan kekhawatiran yang meningkat terkait dengan stagflasi, saat tekanan harga yang persisten beriringan dengan perlambatan signifikan dalam kegiatan bisnis.

<aside> 💡 Stagflasi adalah kondisi ketika tingkat perekonomian tidak berkembang dan secara bersamaan terjadi kenaikan harga secara terus menerus.

</aside>

Meski pada kegiatan bisnis ada penurunan, di bulan Agustus aktivitas ekonomi khususnya pada sektor jasa justru menambah rangkaian pertumbuhannya dengan rincian sebagai berikut:

  • Institute of Supply Management (ISM) Services PMI naik dari 52.7 menjadi 54.5 melampaui ekspektasi pasar yang ditetapkan di 52.5.
  • Indeks Ketenagakerjaan naik dari 50.7 menjadi 54.7.
  • Prices Paid Index meningkat dari 56.8 menjadi 58.9,

Sektor jasa mengalami laju pertumbuhan yang dipercepat dengan peningkatan di empat subindeks yang langsung berkontribusi pada komposit Services PMI. Meskipun sentimen di antara responden Komite Survei Bisnis bervariasi menurut industri, mayoritas menyatakan positif tentang kondisi bisnis dan ekonomi dengan moderasi ringan diamati dalam laju pertumbuhan untuk sektor jasa.

Walaupun pada sektor jasa terbilang positif, namun perlu diwaspadai tentang meningkatnya kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan November mendatang. Probabilitas kenaikan suku bunga ini semakin diperparah oleh komentar Collins dari The Fed yang menekankan bahwa The Fed belum berhasil menekan inflasi secara efektif.

Terkait suku bunga, Bank Sentral AS kemungkinan akan mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran 5,25% hingga 5,50% yang secara bersamaan naik satu poin pada kuartal terakhir. Di pasar keuangan ada sekitar peluang 50-50 bahwa kampanye kenaikan suku bunga dari Federal Reserve yang dimulai 18 bulan yang lalu telah mencapai kesimpulannya.

Meski begitu, para pejabat Fed tetap mempertahankan pendekatan yang fleksibel. Mereka percaya kenaikan suku bunga sebesar 5,25 poin persentase secara kumulatif yang telah diimplementasikan sejak Maret 2022  berefek meredam ekonomi, membatasi pertumbuhan pekerjaan, dan yang paling penting dapat menekan inflasi yang melonjak ke tingkat tertinggi dalam 40 tahun tahun lalu.

Data dalam enam minggu setelah kenaikan suku bunga Fed terbaru cenderung memperkuat perspektif ini. Selama periode ini, ekonomi rata-rata menambahkan 150.000 pekerjaan per bulan selama tiga bulan terakhir yang merupakan penurunan signifikan dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya. Selain itu, inflasi yang diukur oleh indikator pilihan Fed, berada pada 3,3% pada Juli, penurunan yang mencolok dari angka 7% yang dicatat musim panas sebelumnya.

Pembuat kebijakan seperti Gubernur Fed Christopher Waller menegaskan bahwa, bank sentral memiliki kesempatan untuk menilai data baru sebelum membuat keputusan mengenai kebutuhan kenaikan suku bunga lebih lanjut atau kelayakan mempertahankan tingkat suku bunga saat ini

Data terbaru dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan bahwa pengajuan untuk tunjangan pengangguran di Amerika Serikat mencapai titik terendah sejak Februari, menyoroti keengganan bisnis untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke karyawan.

Pada minggu yang berakhir pada 2 September, klaim pengangguran awal mengalami penurunan sebesar 13.000, mencapai total 216.000. Angka ini melampaui ekspektasi semua ekonom pada 234.000.

Selanjutnya, klaim berkelanjutan, yang berfungsi sebagai proksi untuk jumlah individu yang menerima tunjangan pengangguran menurun menjadi 1,68 juta untuk minggu yang berakhir pada 26 Agustus. Ini menandai tingkat terendah yang diamati sejak Juli yang sebelumnya adalah 1,72 juta, di mana konsensus pasar berada pada 1,71 juta.

Analisis BTC

Harga BTC berpotensi tertekan ke harga $23,500. Salah satu penyebabnya adalah performa US Dollar Index (DYX) yang terus menguat. Bahkan, hubungan Bitcoin dengan DYX terus menunjukan korelasi terbalik dalam beberapa tahun terakhir, sehingga dengan terus menguatnya harga dolar, memicu kekhawatiran pada dampak negatif yang dapat terjadi pada BTC dan pasar crypto secara luas dalam jangka pendek.

Beberapa analis berpendapat, peningkatan lebih lanjut pada nilai dolar dan rendahnya volume perdagangan BTC bisa terus mendorong harga BTC ke bawah. Saat ini BTC tertahan di garis support EMA 200 Minggu (garis ungu di $25,700). Resistensinya sendiri ada di Moving Average (MA) 200 hari di harga $27,500.

DXY mengalami lonjakan signifikan hingga mencapai titik tertinggi sejak Maret yang menandai sebuah momen krusial untuk BTC dan sektor crypto secara lebih luas. DXY yang mengukur kinerja dolar AS terhadap enam mata uang utama terus melanjutkan momentum naiknya dan melewati ambang batas 104 selama empat hari terakhir dan mencapai puncak lima bulan di 105.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Seiring cadangan bursa terus meningkat, ini menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Deposit bersih di bursa rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposit yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual lebih sedikit kepemilikan dibandingkan dengan rata-rata satu tahunnya. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahunnya.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor menjual dengan kerugian. Di tengah bear market, ini bisa menunjukkan dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah daripada rata-rata. Mereka memiliki alasan untuk menahan koin mereka. Investor berada dalam fase ketakutan di mana saat ini mereka memiliki keuntungan yang belum direalisasi yang sedikit lebih besar daripada kerugiannya.
  • 🏦 Derivatif: Trader dengan posisi long mendominasi dan bersedia membayar kepada trader jangka pendek. Sentimen jual mendominasi di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan jual yang dipenuhi oleh takers. Seiring Open Interest menurun, ini menunjukkan investor sedang menutup posisi masa depan dan kemungkinan adanya pembalikan tren. Pada gilirannya, ini mungkin memicu kemungkinan long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • 🔀 Indikator Teknikal: Relative Strength Index (RSI) menunjukkan kondisi netral. Ini menunjukkan kondisi jenuh jual di mana harga saat ini dekat dengan dasar dari 2 minggu terakhir dan pembalikan tren dapat terjadi.

Berita Seputar Altcoins

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Synthetix (SNX) +14,33%
  • Stellar (XLM) +13,16%
  • IOTA (MIOTA) +12,07%
  • Render (RNDR) +10,58%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Gala (GALA) -12,82%
  • Mantle (MNT) -8,05%
  • dYdX (DYDX) -6,37%
  • ApeCoin (APE) -4,64%

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *