Kategori
Artikel Pilihan Analisis Pasar

Analisis Pasar Crypto Hari Ini (21 Oktober 2024): BTC Tembus $69,000, Meme Token $GOAT Naik 16,000%!

Reading Time: 6 minutes

Oktober jadi bulan yang bimbang buat Bitcoin (BTC). Sempat terkendala untuk tembus level harga $68,500, per Senin (21/10/2024) BTC akhirnya capai level $69,200. The Fed juga diperkirakan akan memangkas lagi suku bunga di bulan November, yang tentunya menambah katalis positif untuk BTC. Tapi seberapa besar sih suku bunga bakal dipangkas? Simak analisisnya di bawah ini.

Ringkasan Artikel

  • 📝 Resistensi BTC pada level Fibonacci retracement 0,786. Menembus di atas resistensi ini akan menandakan kelanjutan tren kenaikannya. Support BTC sendiri di angka $64.000.
  • 📈 Indeks Harga Produsen (IHP) untuk permintaan akhir tetap tidak berubah pada bulan September setelah kenaikan 0,2% pada bulan Agustus. Secara tahunan, indeks tersebut meningkat sebesar 1,8%.
  • 📉 Indeks Sentimen Konsumen Michigan turun menjadi 68,9 pada bulan Oktober, turun dari 70,1 pada bulan September, yang merupakan level tertinggi sejak bulan Mei.
  • 🔴 Data yang dirilis oleh Federal Reserve Bank of New York pada hari Selasa menunjukkan pembacaan negatif untuk indeks manufaktur di Negara Bagian New York untuk bulan Oktober, jauh lebih buruk dari ekspektasi pasar dan menunjukkan kontraksi tajam di sektor tersebut.

Analisis Makroekonomi

Indeks Harga Produsen (IHP) Stabil

Laporan yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS pada (18/10) menunjukkan, IHP pada permintaan akhir tidak mengalami perubahan di bulan September setelah mengalami kenaikan sebesar 0,2% pada Agustus. Secara tahunan juga indeks ini tetap naik 1,8%. Data IHP terpisah dengan mengecualikan kategori makanan dan energi yang lebih fluktuatif juga menunjukkan adanya kenaikan sebesar 0,2% dari bulan September dan 2,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Selanjutnya, data inflasi grosir yang mengikuti Indeks Harga Konsumen (IHK) memperlihatkan peningkatan inflasi sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan pada bulan September. Peningkatan ini diakibatkan oleh biaya yang tinggi untuk tempat tinggal, makanan, dan pakaian.

Dari dua data IHP & IHK, pejabat the Fed disebut tengah mempertimbangkan kedua laporan ini dan merencanakan strategi untuk menurunkan suku bunga. Bahkan para ekonom menganalisis data IHP dengan cermat terutama di kategori yang dapat memengaruhi pengukur inflasi pilihan the Fed yakni Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) di mana kategori ini menunjukkan hasil yang beragam, di antaranya:

  • Biaya untuk perawatan dokter dan perawatan rawat jalan di rumah sakit relatif tidak berubah,
  • Sementara harga tiket pesawat mengalami peningkatan tajam
  • Biaya pengelolaan portofolio mengalami sedikit percepatan.

Pemotongan suku bunga bulan lalu dengan pengurangan 50 basis poin juga diputuskan setelah meredanya inflasi selama berbulan-bulan dan pertumbuhan gaji yang melambat. Pemangkasan suku bunga di November diperkirakan akan sebesar seperempat poin berdasarkan data peningkatan lapangan kerja dan tekanan harga yang terus berlanjut.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Sentimen Konsumen Michigan: Pandangan warga AS terhadap ekonomi sedikit memburuk bulan ini setelah dua bulan mengalami perbaikan moderat. Indeks tersebut turun menjadi 68,9 pada bulan Oktober, turun dari 70,1 pada bulan September yang merupakan level tertinggi sejak bulan Mei. Banyak konsumen tampaknya menahan diri untuk tidak menilai ekonomi sembari menunggu kampanye presiden berakhir. Meskipun tanggapan dalam survei keyakinan ekonomi suram, konsumen terus berbelanja dan telah menopang perekonomian. Federal Reserve Bank of Atlanta memperkirakan bahwa pertumbuhan kemungkinan mencapai 3,2% pada kuartal Juli-September yang menunjukkan laju yang sehat.
  • Indeks Manufaktur Negara Bagian New York: Federal Reserve Bank of New York pada hari Selasa merilis pembacaan negatif untuk indeks manufaktur di Negara Bagian New York di bulan Oktober. Indeks manufaktur New York turun tajam menjadi -11,9 poin pada bulan Oktober, penurunan substansial dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 11,5 poin pada bulan September. Angka ini jauh lebih buruk daripada ekspektasi pasar, yang telah mengantisipasi indeks akan naik menjadi 3,4 poin. Data ini berfungsi sebagai indikator utama kesehatan ekonomi, karena perusahaan dengan cepat menanggapi kondisi bisnis.
  • Penjualan Ritel: Belanja konsumen tetap kuat pada bulan September, menyoroti ekonomi tangguh yang kini didukung oleh tindakan Fed. Penjualan ritel naik 0,4% yang disesuaikan secara musiman untuk bulan tersebut, membaik dari kenaikan 0,1% yang tidak berubah pada bulan Agustus dan melampaui perkiraan 0,3%. Tidak termasuk mobil, penjualan meningkat 0,5%, melampaui kenaikan 0,1% yang diantisipasi. Angka-angka ini disesuaikan dengan faktor musiman tetapi tidak untuk inflasi, yang meningkat 0,2% pada bulan tersebut sebagaimana diukur oleh Indeks Harga Konsumen. Data ini berasal dari bulan ketika Fed memangkas suku bunga acuannya setengah poin persentase dan mengindikasikan bahwa pemangkasan lebih lanjut kemungkinan akan terjadi tahun ini dan hingga 2025.
  • Klaim Pengangguran: Klaim pengangguran awal mencapai 241.000 yang disesuaikan secara musiman atau penurunan 19.000 dan lebih rendah dari yang diproyeksikan sebesar 260.000. Klaim menurun bahkan setelah badai Helene dan Milton melanda wilayah Tenggara dalam beberapa minggu terakhir, yang menyebabkan kerugian puluhan miliar dolar. Pengajuan klaim di Florida dan Carolina Utara menurun setelah melonjak pada minggu sebelumnya, berdasarkan data yang tidak disesuaikan. Menyusul laporan ini, kontrak berjangka pasar saham dan imbal hasil Treasury mengalami kenaikan.

Analisis Harga BTC

BTC akhirnya kembali ke level harga $69,000 setelah beberapa pekan sebelumnya kesulitan mempertahankan harga $68,500. Meski begitu jangan senang dulu, karena terlihat penggunaan leverage telah mencapai rekor tertingginya yang bisa saja membuat BTC akan mengalami koreksi yang signifikan. Terlihat dari estimasi rasio leverage berjangka untuk BTC pada pairing USDT di semua bursa telah mencapai rekor tertingginya.

Leverage yang berlebihan tidak hanya terjadi pada BTC perpetual futures, tetapi pada seluruh pasar derivatif crypto. Penting untuk dicatat bahwa, periode jangka panjang dari futures dengan leverage yang berlebihan adalah hal yang umum terjadi di pasar yang sedang bullish. Namun, terdapat kemungkinan terjadinya guncangan volatilitas  yang terjadi di kedua arah.

BTC saat ini menghadapi resistensi pada level Fibonacci retracement 0,786. Menembus di atas resistensi ini akan menandakan kelanjutan tren kenaikannya. Support BTC sendiri di angka $64.000; jika support ini ditembus, hal itu dapat menyebabkan penurunan agresif menuju $60.000 dan mungkin lebih rendah.

BELI BITCOIN SEKARANG!

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun menunjukkan tekanan jual yang rendah. Simpanan bersih di bursa lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual asetnya dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase cemas di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen beli sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang diisi oleh pengambil posisi. Seiring meningkatnya open interest, hal ini mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi jenuh dengan 75% pergerakan harga dalam 2 Minggu terakhir naik dan pembalikan tren bisa terjadi. Stochastic menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Token GOAT Melejit 16.000% Berkat Endorsement Bot AI Eksperimental. Sebuah bot AI bernama Terminal of Truth, yang awalnya dirancang untuk eksperimen interaksi manusia dengan AI, secara tak terduga mendorong nilai sebuah memecoin bernama Goatseus Maximus (GOAT) dan naik hingga 16.000%. Token ini diciptakan melalui aplikasi Pump Fun di blockchain Solana dan awalnya dipromosikan oleh komunitas melalui tagar yang sering menyebut bot tersebut. Akibatnya, Terminal of Truth mulai mengakui dan mempromosikan token ini di media sosial. Selanjutnya kapitalisasi pasar GOAT melonjak tajam dari $1,8 juta menjadi $300 juta. Meski awalnya tidak dirancang untuk promosi token, bot ini terus memengaruhi nilai token dengan endorsement-nya, menyoroti peran AI dalam meningkatkan nilai memecoin berdasarkan tren viral di media sosial.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • SEC Setujui Perdagangan Opsi untuk Bitcoin ETF di NYSE dan CBOE. Pada 18 Oktober, Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat menyetujui permohonan dari New York Stock Exchange (NYSE) dan Chicago Board Options Exchange (CBOE) untuk memperdagangkan opsi bagi exchange-traded funds (ETF) Bitcoin spot yang telah lama dinanti. Opsi ini akan tersedia untuk 11 penyedia ETF di NYSE, termasuk Fidelity, ARK, BlackRock, dan lainnya. Persetujuan ini diharapkan meningkatkan likuiditas pasar Bitcoin dan berpotensi mendorong kenaikan harga. Beberapa analis percaya bahwa perdagangan opsi ini juga dapat mengurangi volatilitas Bitcoin dan memicu situasi “short squeeze” pada para pedagang yang overleveraged.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • cat in a dogs world (MEW) +42,87%
  • Dogecoin (DOGE) +30,04%
  • Worldcoin (WLD) +27,47%
  • Ethena (ENA) +23,58%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Maker (MKR) -11,19%
  • Bittensor (TAO) -10,03%
  • Conflux (CFX) -8,29%
  • First Neiro On Ethereum (NEIRO) -7,89%

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *