Kategori
Analisis Pasar Pemula

Sinyal Crypto Hari Ini, 23 Juli 2024: LFG, The Bull is Back!

Reading Time: 4 minutes

Pasar crypto berhasil melanjutkan tren positif pada awal pekan ini. BTC dan mayoritas altcoin kembali berada di zona hijau. Optimisme pasar bahwa Donald Trump akan terpilih sebagai presiden AS berikutnya semakin menguat. Jika pekan lalu ada insiden penembakan Trump, pada pekan ini Joe Biden mengumumkan mengundurkan diri sebagai kandidat calon presiden.

Kabar tersebut mendapatkan respons positif tercermin dari harga BTC yang sempat menguat menuju area $68.000. Performa positif BTC pada akhirnya turut mengangkat harga mayoritas altcoin. Bahkan, memecoin mencatatkan kenaikan yang lebih tajam. Namun, ketika artikel ini ditulis, harga BTC mengalami koreksi ke area US$ 67.300.

Serangkaian katalis positif tersebut berhasil membawa kapitalisasi pasar crypto mencapai US$ 2,442 triliun atau yang tertinggi dalam satu bulan terakhir. Pada pekan ini masih terdapat beberapa sentimen yang mungkin menjadi katalis positif untuk BTC dan altcoin. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Bitcoin (BTC) ➡️ Bullish 🚀

BTC berpotensi untuk kembali berada dalam tren positif pada minggu ini. Katalis utamanya datang dari partisipasi Donald Trump pada acara Bitcoin Conference pada 27 Juli mendatang. Seperti yang kita tahu, Trump merupakan kandidat Presiden AS yang pro terhadap crypto. Jika pada pidatonya ia menyinggung soal Bitcoin, maka besar kemungkinan harga BTC akan naik.

Spekulasi yang beredar saat ini adalah Trump akan mengumumkan rencananya untuk menjadikan BTC sebagai strategic reserve AS. Chief Executive 10x Research dalam emailnya kepada klien menuliskan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang bisa dilakukan.

“Pemerintah AS bisa menjadikan BTC sebagai strategic reserves mereka. Dengan demikian mereka mendiversifikasi portofolio mereka, sekaligus mengurangi ketergantungan pada aset tradisional seperti emas dan mata uang,” jelasnya.

Saat ini Pemerintah AS tercatat mempunyai 212.000 BTC atau setara dengan $15 miliar. Jumlah tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan kepemilikan emas untuk strategic reserves yang mencapai $600 miliar.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Director of Derivatives Amberdata Greg Maldini. Menurutnya, pidato Trump di Bitcoin Conference bisa menjadi katalis untuk ‘sesuatu akan terjadi’ pada BTC pekan ini.

“Pasar derivatif nampaknya meyakini hal tersebut akan terjadi. Saat ini kita melihat pergerakan harga mendukung narasi ‘sesuatu akan terjadi’ pada pidato Trump,” jelas Greg.

Iluvium (ILV) ➡️ Bullish 🚀

Illuvium akhirnya akan meluncurkan game mereka pada 25 Juli 2024 mendatang. Game tersebut sudah sangat diantisapasi seiring sudah dikembangkan sejak 2021 lalu. Illuvium juga merupakan salah satu developer GameFi generasi pertama.

Illuvium telah mengembangkan sebuah alam semesta khusus gaming bernama Interoperable Blockchain Game (IBG). Di dalamnya terdapat tiga jenis game: Overworld (game eksplorasi open-world), Zero (game membangun kota), dan Arena (game auto battler). Berikut ini adalah tampilan dari game yang akan diluncurkan oleh Illuvium:

Menyambut peluncuran tersebut, diekspektasikan harga ILV akan berada dalam tren bullish. Namun, tidak menutup kemungkinan begitu mainnet sudah diluncurkan akan diikuti dengan sell the news yang membuat harga ILV berada dalam tekanan.

Dalam sepekan terakhir, harga ILV berada dalam tren kenaikan. Ia berada di level 1.152.673 dan telah menguat 6,65% dalam tujuh hari terakhir.

Ethereum (ETH) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Akhirnya, ETF ETH spot akan resmi diluncurkan pada 23 Juli waktu Amerika Serikat. Namun, hal tersebut justru membuat harga ETH berada dalam kategori tidak menentu pada pekan ini. Terdapat dua kemungkinan untuk harga ETH pasca dibukanya perdagangan ETF ETH.

Kemungkinan pertama adalah sell the news. Bagi sebagian investor, momen tersebut dijadikan untuk melakukan take profit. Dengan meningkatnya tekanan jual, bisa jadi ETH akan mengalami koreksi.

Kemungkinan kedua adalah permintaan yang meningkat. Jika pasar merespons positif dan aliran dana yang masuk ke ETF ETH spot ternyata besar, maka lonjakan permintaan dapat mendorong harga ETH.

Jika berkaca pada kasus ETF Bitcoin spot, pasca peluncurannya harga BTC mengalami koreksi akibat sell the news. Namun, begitu tekanan jual mereda, harga BTC justru meroket dan mecatatkan level ATH baru di $73,835. Padahal, sebelum peluncuran ETF Bitcoin spot, harga BTC masih berada di area $42.000-$43.000.

Sementara untuk aliran dana, data dari Farside memperlihatkan aliran dana yang masuk ke ETF Bitcoin spot mencapai $1,13 miliar pada lima hari pertama sejak diluncurkan.

Dalam seminggu terakhir, ETH bergerak pada rentang terbatas dengan hanya menguat 0.93%. Level tertinggi ETH adalah Rp 57.446.481 dan level terendahnya di Rp 54.388.670

AltLayer (ALT) ➡️ Bearish 📉

ALT menjadi token yang berpotensi mengalami tren bearish pada pekan ini. Sentimen yang mungkin menekan harganya adalah token unlock yang akan dilakukan AltLayer. Protokol restaking rollups ini akan membuka sebanyak 684,2 juta token ALT atau 42,08% dari total pasokannya untuk tim, investor, dan ekosistem.

Dengan harga ALT saat ini yang di level $0,148, maka token unlock tersebut setara dengan $109,18 juta. Seiring dengan besarnya jumlah token unlock, maka lonjakan pasokan ALT secara tiba-tiba bisa memberikan tekanan terhadap harganya. Apalagi, jika para investor dan tim memutuskan untuk menjual kepemilikannya.

Namun, yang perlu diketahui adalah belakangan ini tim pengembang seringkali memundurkan jadwal unlock. Tak jarang, hal tersebut justru bisa memicu kenaikan harga tokennnya.

Saat ini, ALT berada di harga Rp 2.378 atau turun 6,64 dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, ia sempat berada di level tertinggi Rp 2.751 dan terendah di Rp 2.221

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Cat in a Dogs World (MEW): 🔼129,19% (Rp 131)
  • NEON (NEON): 🔼73,85% (Rp 11.707)
  • ORCA (ORCA): 🔼63,26% (Rp 40.148)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Zeta (ZEX): 🔽25,24% (Rp 733)
  • ZeroLend (ZERO): 🔽17,79% (Rp 5,20)
  • Wemix (WEMIX): 🔽13,86% (Rp 18.599)

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *