Kategori
Analisis Pasar Pemula

Sinyal Crypto Hari Ini, 13 Agustus 2024: Menanti Arah Pasar Crypto Jelang Rilis Data CPI

Reading Time: 3 minutes

Dalam seminggu terakhir, pasar crypto berhasil pulih dari koreksi tajam yang terjadi sebelumnya. Kendati begitu, harga BTC dan mayoritas altcoin belum kembali ke level semula. Pada pekan ini, perhatian pelaku pasar akan tertuju pada rilis data Consumer Price Index (CPI) pada 14 Agustus 2024.

Data CPI bulan Juli punya pengaruh penting dalam keputusan The Fed untuk melakukan pemangkasan suku bunga. Jika data CPI tidak mengalami kenaikan signifikan, para pelaku pasar meyakini The Fed akan memangkas suku bunga pada pertemuan September. Aksi tersebut diekspektasikan dapat meningkatkan likuiditas di pasar, yang pada akhirnya bisa ikut mengangkat harga BTC dan altcoin lainnya.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

MakerDAO (MKR) ➡️ Bullish 🚀

MakerDAO berpotensi menjadi salah satu token yang berada dalam tren bullish pada minggu ini. Kenaikan harga MakerDAO akan datang dari telah dibukanya inisiatif tokenisasi Real Word Asset (RWA) mereka, yakni Spark Tokenization Grand Prix.

Program yang bertujuan untuk mendorong onboarding tokenisasi RWA hingga bernilai $1 miliar tersebut telah dibuka pada 12 Agustus 2024. Blackrock lewat partner mereka yakni Securitize, Ondo Finance, Paxos, dan Superstate adalah nama-nama besar di sektor RWA yang dikabarkan berpartisipasi pada inisiatif tersebut.

Spark Tokenization Grand Prix merupakan bagian dari Endgame Plan milik MakerDAO. Pada Endgame Plan tersebut, MakerDAO ingin memperbaiki tata kelola dan tokenomik dari ekosistem Maker untuk mencapai titik ekuilibrium yang berkelanjutan bernama Endgame State. Pada tahap tersebut, ekosistem MakerDAO diharapkan menjadi lebih tangguh dan kompleksitasnya tak lagi berubah.

Jika program ini berhasil menarik dana sekaligus mendorong onboarding tokenisasi RWA, maka akan berdapak positif baik bagi sektor RWA ataupun MakerDAO. Sesuai dengan strategi mereka, Spark diharapkan bisa memperkuat fundamental MakerDAO. Dengan demikian, harga token MKR juga akan ikut terangkat.

Ethena (ENA) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Ethena Labs telah mengumumkan integrasi USDe dengan Solana. Melalui integrasi tersebut, kini pengguna bisa menjual dan membeli USDe melalui jaringan Solana. Bahkan, kini Ethena Labs juga menjajaki kemungkinan untuk penggunaan SOL sebagai jaminan pinjaman USDe. Adapun, proposal dan proses voting terkait rencana tersebut akan dimulai pada pekan ini.

Integrasi tersebut diyakini dapat meningkatkan tingkat adopsi USDe dan sUSDe seiring dengan kehadiran pangsa pasar baru di jaringan Solana. Tak hanya itu, kehadiran jaringan Solana dapat memberikan tambahan open interest senilai $2-$3 miliar di pasar futures Solana. Seluruh hal tersebut diharapkan dapat membuat USDe tumbuh menjadi lebih besar.

Walaupun terdapat kabar positif, harga token ENA cenderung masuk pada kategori tidak menentu. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan sentimen tersebut sudah priced-in pada harga ENA saat ini.

Frax Finance (FXS) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Frax Finance dalam waktu dekat dikabarkan akan meluncurkan frxBTC sebagai kompetitor WBTC. Founder Frax Finance Sam Kazemian dalam cuitannya memberi sinyal bahwa frxBTC nantinya akan menawarkan slippage yang rendah dan memberikan metode swap berbiaya rendah dari native BTC ke USD pada jaringan ETH.

Cuitan Sam Kazemian terkait peluncuran frxBTC. Sumber: Sam Kazemian X

Namun, selain dari cuitan sang founder belum ada dokumentasi lebih lanjut terkait rencana tersebut. Alhasil kabar tersebut masih berupa spekulasi. Jika dalam waktu dekat Frax Finance memberikan pengumuman resmi, hal tersebut menjadi kabar baik yang berpotensi mengangkat harga FXS. Namun jika tak kunjung ada kabar, spekulasi tersebut hanya menjadi angin lalu yang tidak berdampak pada harga FXS. Oleh sebab itu, token ini masuk pada kategori tidak menentu.

The Sandbox (SAND) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Harga token SAND berpotensi berada dalam tren tidak menentu pada pekan ini. Katalis yang menjadi penggerak harganya adalah agenda token unlock SAND. Protokol GameFi dan Metaverse ini membuka sebanyak 205,59 juta token SAND atau 9% dari total pasokannya untuk investor dan tim inti.

Dengan harga SAND yang saat ini sebesar $0,26, maka nilai token yang dibuka setara dengan $53,6 juta. Seiring dengan adanya token unlock, maka lonjakan pasokan SAND dapar memberikan tekanan terhadap harganya. Apalagi, jika kenaikan pasokan tersebut tidak diiringi dengan permintaan yang setara.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Kamino (KMNO): 🔼66,54% (Rp 15,676)
  • Sui (SUI): 🔼66,50% (Rp 15.672)
  • Saga (SAGA): 🔼56,60% (Rp 25.781)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Shrapnel (SHRAP): 🔽32,81% (Rp 475)
  • Mode (MODE): 🔽17,63% (Rp 187)
  • Magic Square (SQR): 🔽16,56% (Rp 1.390)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *