Kategori
Analisis Pasar Pemula

Sinyal Crypto Hari Ini, 20 Agusuts 2024: BTC Kesulitan Recover, Bagaimana dengan Altcoin?

Reading Time: 4 minutes

Pekan lalu rilis data CPI memperlihatkan hasil yang memuaskan. Inflasi AS pada bulan Juli melandai ke 2,9% secara tahunan dari 3% di bulan Juni 2024. Angka tersebut sekaligus yang terendah sejak Maret 2021. Turunnya angka inflasi diyakini memperkuat ekspektasi penurunan suku bunga The Fed pada September mendatang.

Walaupun terdapat kabar positif, Bitcoin terlihat belum memperlihatkan tren penguatan yang signifikan. Sejauh ini BTC masih kesulitan untuk menembus level $61.000 dan melewati garis retracement Fibonacci 0,5 ($60.568) sebagai resistance.

Tidak menutup kemungkinan BTC kembali berada di zona bearish. Salah satu indikatornya adalah RSI-nya yang mencapai titik terendahnya dan berjuang untuk naik di atas level support. Secara teknikal, BTC juga memasuki descending channel, dengan turun ke level resistance sebelum menembusnya yang mengarah ke posisi terendah di bawah $55.000.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Arbitrum (ARB) ➡️ Bullish 🚀

Arbitrum DAO baru saja menyetujui proposal staking ARB yang bertujuan untuk meningkatkan utilitas token ARB dan memperkuat keamanan tata kelola ARB. Sebanyak 91% anggota DAO Arbitrum telah menyetujui proposal staking tersebut.

Dengan disetujuinya proposal tersebut, kini pemilik token ARB bisa men-stake token mereka dan mendapatkan token liquid staking stARB sebagai gantinya. Token stARB memiliki beberapa kegunaan seperti mendapatkan bunga compounding, opsi restaking, serta digunakan untuk beragam aplikasi DeFi.

Tujuan lain dari inisiatif tersebut adalah untuk mendorong partisipasi yang lebih aktif di dalam ekosistem Arbitrum. Dengan men-stake token ARB dan aktif mendelegasikannya, para pemilikinya akan mendapatkan biaya surplus sequencer ke depannya. Diharapkan, inisiatif tersebut bisa mengatasi permasalahan rendahnya tingkat partisipasi di dalam DAO Arbitrum.

Dengan meningkatnya utilitas token ARB serta adanya insentif bagi holder ARB, diprediksi akan bisa mengangkat fundamental ARB. Hal tersebut berpotensi mendorong permintaan terhadap ARB yang pada akhirnya akan ikut mengangkat harganya. Oleh karena itu, inisiatif staking ARB ini bisa menjadi sentimen bullish untuk harga token ARB.

Thorchain (RUNE) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Setelah sebelumnya hanya menjadi rumor, akhirnya Kujira secara resmi mengumumkan kerjasamanya dengan Thorchain. Lewat kerjasama ini artinya seluruh aplikasi yang ada di Kujira akan masuk ke dalam ekosistem Thorchain. Dengan demikian, Kujira akan mendapatkan likuiditas yang dalam milik Thorchain sehingga bisa mempercepat pertumbuhan Kujira.

Kujira sendiri sebelum ini diterpa banyak masalah, khususnya terjadinya defisit pada balance sheet mereka akibat minimnya manajemen risiko pada protokol mereka. Untuk membayar utang tersebut, Kujira melakukan token raise yang dibuka ke komunitas. Founder Thorchain, JPTHOR telah berkomitmen dengan membeli token tersebut senilai $3 juta.

Sementara dari sisi Thorchain, kerjasama ini memperkuat sentimen komunitas terhadap Thorchain serta posisi mereka sebagai pemain penting pada sektor DeFi. Dikabarkan, kerjasama ini juga bisa memicu peluncuran token baru $RUJI yang bisa menjadi sentimen positif untuk Thorchain.

Kendati begitu, cukup sulit melihat dalam jangka pendek token RUNE akan diuntungkan oleh kabar tersebut. Besar kemungkinan, sentimen tersebut sudah priced-in terhadap token RUNE. Adapun, harga RUNE sudah menguat 22,95% dalam seminggu terakhir dan saat ini berada di level Rp 63.466.

Stacks (STX) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Stacks resmi mengumumkan pembaruan Nakamoto akan diimplementasikan pada tanggal 28 Agustus mendatang. Lewat pembaruan ini, kinerja Stacks diekspektasikan akan meningkat secara signifikan.

Salah satunya adalah penerbitan block baru dalam setiap beberapa detik, jauh meningkat dari sebelumnya yang selama 10 menit. Dengan demikian, Stacks akan menyajikan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk transaksi dengan volume tinggi ataupun penggunaan DeFi yang advanced.

Dengan Nakamoto upgrades serta peluncuran produk sBTC, Stacks dapat menyediakan alternatif pembayaran berbasis Bitcoin yang efisien bagi para penggunanya. Apalagi, pembaruan ini juga memungkinkan Stacks untuk menjadi penghubung bagi beragam DeFi.

Kabar positif ini diyakini akan memperkuat fundamental Stacks yang secara jangka panjang dapat memperkuat harga STX. Akan tetapi, secara jangka pendek, STX cenderung berada di area tidak menentu. Tidak menutup kemungkinan pembaruan ini menjadi ajang sell the news yang pada akhirnya bisa memberikan tekanan terhadap harga STX.

Avalanche (AVAX) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Harga token AVAX berpotensi berada dalam tren tidak menentu pada pekan ini. Katalis yang menjadi penggerak harganya adalah agenda token unlock AVAX. Protokol induk untuk meluncurkan aplikasi DeFi ini akan membuka sebanyak 9,54 juta token AVAX untuk tim inti dan investor.

“Setelah token unlock ini, tidak akan ada lagi token yang dialokasikan untuk tim dan mitra strategis. Sisa emisi vesting akan diarahkan ke Avalanche Foundation, mendukung inisiatif yang berfokus pada pertumbuhan dan pengembangan,” ungkap Avalanche Insider.

Dengan harga AVAX yang saat ini sebesar $21,92, maka nilai token yang dibuka setara dengan hampir $200 juta. Seiring dengan adanya token unlock, maka lonjakan pasokan AVAX dapat memberikan tekanan terhadap harganya. Apalagi, jika kenaikan pasokan tersebut tidak diiringi dengan permintaan yang setara.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Syscoin (SYS): 🔼142,30% (Rp 2.857)
  • Connext Network (NEXT): 🔼43,35% (Rp 2.451)
  • Zeta (ZEX): 🔼32,90% (Rp 511)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Pixelverse (PIXFI): 🔽29,17% (Rp 174)
  • SubQuery Network (SQT): 🔽27,86% (Rp 72)
  • ZkLend (ZEND): 🔽22,86% (Rp 2.782)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *