Kategori
Artikel Pilihan Analisis Pasar

Sinyal Crypto Hari Ini, 24 September 2024: Momentum Bullish Terjaga, Protokol di Solana bakal Jadi Pemenang?

Reading Time: 5 minutes

Pelaku pasar akhirnya dapat bernafas lega setelah The Fed memutuskan menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 bps pada pertengahan pekan lalu. Kabar ini disambut positif dengan menguatnya berbagai kelas aset, termasuk crypto. Saat artikel ini ditulis, BTC sedang berada di level $64.363 atau menguat 9,83% dalam tujuh hari terakhir.

Dengan menguatnya BTC, mayoritas altcoin juga kompak ikut menguat. Euforia tersebut berhasil membawa kapitalisasi pasar crypto naik dari $1,96 triliun menjadi $2,2 triliun dalam tujuh hari terakhir.

Pertanyaan berikutnya pun muncul. Apakah momentum bullish ini akan berlanjut? Atau jangan-jangan hanya menjadi sentimen sesaat dan BTC masih akan kembali ke area konsolidasi Beberapa metrik dan indikator ini mungkin bisa membantumu menentukan jawabannya.

Pasokan BTC saat ini berada di level yang rendah, yakni hanya 4,7% dari nilai on-chain yang tersimpan di dompet, memperlihatkan terbatasnya pasokan. Lalu, pasokan stablecoin mencatatkan kenaikan dan berada di $160,4 miliar. Pasokan daya beli tersebut dapat mengubah dinamika pasar jika disuntikkan ke dalam pasar.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Sinyal Crypto ini bukan saran finansial dan sebatas informasi. Tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Solana (SOL) ➡️ Bullish 🚀

Acara Solana Breakpoint yang digelar 20-21 September 2024 di Singapura telah rampung. Namun, acara ini berpotensi untuk tetap memberikan katalis positif untuk harga SOL dan beberapa protokol di dalam ekosistemnya.

Katalis positif tersebut datang dari pengumuman resmi dari tim pengembang Solana. Pengumuman tersebut meliputi informasi terbaru tekait pembaruan protokol serta inovasi yang akan diluncurkan Solana.

Pengumuman Solana Mobile versi terbaru di Solana Breakpoint. Sumber: The Block

Pertama, Solana telah mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan kembali Solana Mobile baru. Pada versi terbaru akan dilengkapi perangkat keras yang lebih baik dari sisi prosesor, kapasitas penyimpanan, dan kinerja. Berikutnya, terdapat integrasi dengan Web3, decentralized app store, serta aspek keamanan yang lebih baik.

Kedua, Solana telah mengumumkan bahwa pengujian Firedancer sudah memasuki tahap testnet. Hal tersebut merupakan milestone penting mengingat kehadiran Firedancer akan meningkatkan keamanan, desentralisasi, dan performa jaringan Solana.

Jupiter (JUP) ➡️ Bullish 🚀

Pada agenda Solana Breakpoint, Jupiter, platform DEX terbesar di Solana, mengumumkan beberapa pembaruan besar. Pertama, Jupiter resmi mengakuisisi SolanaFM, sebuah native Solana exporer. Jupiter mengklaim langkah tersebut bisa meningkatkan kapabilitas data sistem mereka hingga 10x lipat.

Solana FM didirikan pada 2021 dan menyajikan in-depth insight terkait riwayat transaksi, smart contracts, dan informasi token di jaringan Solana.

Kedua, Jupiter mengumumkan peluncuran Perps V2. Pada pembaruan ini, Jupiter mengenalkan fitur transaksi gasless. Dengan fitur tersebut, pengguna tidak perlu lagi membayar gas fee, memungkinkan pengalaman trading yang lebih baik dan cepat. Ada juga peluncuran fitur baru seperti limit order dan Dove oracle untuk meningkatkan discovery harga.

Ketiga, peluncuran Ape Pro, platform khusus yang dibuat untuk mewadahi pasar memecoin. Terdapat dua fitur utama di Aper Pro, yakni Ape Trading dan Ape Mint. Pada Ape Trading, terdapat fitur seperti account abstraction, login dengan google, serta fee yang rendah (0,5%). Pada Ape Mint, pengguna bisa me-mint memecoin mereka dengan fitur seperti locking, vesting, dan sebagainya.

Keempat, peluncuran Jupiter Mobile. Ia adalah aplikasi yang berupaya menghilangkan friksi yang sering diasosiasikan dengan DeFi. Jupiter Mobile menawarkan on-ramp melalui Apple Pay, Google Pay, dan kartu kredit. Dengan begitu, pengguna dapat membeli crypto dan melakukan swap hanya melalui sentuhan dari smartphone.

Pembaruan besar-besaran yang dilakukan Jupiter diyakini akan memperkuat posisi dan nilai fundamentalnya. Oleh sebab itu, besar kemungkinan token JUP akan masuk ke dalam kelompok token yang berada dalam kategori bullish pada pekan ini.

Sanctum (CLOUD) ➡️ Bullish 🚀

Sanctum juga turut mencuri perhatian pada pagelaran Solana Breakpoint. Platform liquid staking di Solana ini mengumkan tiga pembaruan penting. Pertama, rencana peluncuran Creator Coins. Ia merupakan platform bagi siapapun untuk membuat, mengembangkan, dan memonetisasi komunitasnya.

Kedua, rencana peluncuran Cloud Card, sebuah kartu debit berbasis Solana. Cloud menjalin kerjasama dengan Based App dan Jupiter untuk mengembangkan kartu debit yang rencananya diluncurkan pada kuartal IV-2024. Dengan Cloud Card, pengguna bisa menggunakan SOL dan stablecoin mereka di lebih dari 100 negara.

Ketiga, Sanctum juga mengumumkan bahwa airdrop season 2 akan segera kembali. Sama halnya dengan Jupiter, rencana pembaruan Sanctum bisa dijadikan sebagai spekulasi yang akan mengangkat harga token CLOUD dalam jangka pendek.

Maker (MKR) ➡️ Bullish 🚀

Maker yang baru saja bertransformasi menjadi Sky, kembali berupaya memperluas jaringan ekosistemnya. Kali ini, Sky berupaya agar bisa terintegrasi dengan jaringan Solana. Proses integrasi tersebut rencananya dilakukan dengan menggunakan Native Token Transfer (NTT) milik Wormhole.

Ekspansi tersebut akan memungkinkan token governance SKY dan native stablecoin USDS untuk bisa bergerak secara mulus antara jaringan Ethereum dan Solana. Langkah tersebut bertujuan mengatasi masalah likuiditas yang sering muncul saat token tersebar di beberapa blockchain. Selain itu, ia juga memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna dalam mengelola aset mereka.

Langkah Sky melakukan ekspansi ke Solana dapat memperkuat fundamental serta nilai saing mereka dibandingkan kompetitor mereka. Pasalnya, kompetitor lain Sky seperti Aave, masih berfokus pada jaringan yang kompatibel dengan EVM dan belum berekspansi ke Solana. Oleh sebab itu, katalis tersebut bisa menjadi sentimen positif untuk harga token MKR ke depan.

Agenda Token Unlock Pekan Ini

Pintu Academy akan menampilkan daftar protokol yang akan melakukan token unlock pada sepekan ke depan. Berikut ini adalah daftarnya:

Nama ProtokolJadwal Token UnlockJumlah Token DibukaValuasi Token UnlockAlokasi Token Unlock
Venom (V)25 September 2024253,36 Juta V$23,45 jutaKomunitas dan ekosistem
Yield Guild Games (YGG)27 September 202414,08 juta YGG$6,42 jutaInvestor, ekosistem, dan treasury
Singularity Net (AGIX)28 September 20248,19 juta AGIX$5,79 jutaKomunitas
Sumber: Token Unlock

Lebih lanjut, beberapa protokol lain yang akan melakukan token unlock pekan ini adalah Galxe (GAL), Acala (ACA), Euler (EUL) dan Tornado Cash (TORN). Tercatat, total nilai token unlock pada pekan ini melebihi $48 juta.

Secara umum, agenda token unlock akan menambah jumlah pasokan yang beredar pada sirkulasi. Jika pemilik hasil token unlock tadi memutuskan untuk menjual kepemilikannya, besar kemungkinan harga token akan terkoreksi. Semakin besar jumlah token yang dibuka, maka semakin besar juga potensi tekanan yang dihasilkan.

Namun, jadwal token unlock yang terencana dengan baik juga bisa memperkuat sustainability sebuah proyek. Sejalan dengan terus berkembangnya protokol, token unlocks dapat memotivasi anggota tim, meningkatkan keterlibatan komunitas, dan mendorong pertumbuhan ekosistem.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • ZeroLand (ZERO): 🔼105,90% (Rp 5,71)
  • Bittensor (TAO): 🔼87,72% (Rp 8.354.943)
  • Degen (DEGEN): 🔼77,25% (Rp 81,02)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Zeta (ZEX): 🔽23,63% (Rp 695)
  • BinaryX (BNX): 🔽18,52% (Rp 18.415)
  • Dogs (DOGS): 🔽10,70% (Rp 13,11)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Jack Kubinec, Solana Firedancer client now live on testnet, Blockworks, diakses pada 23 September 2024.

Blockhead, Jupiter Unveils Mobile App, Gasless Perps, Memecoin Powerhouse at Solana Breakpoint, diakses pada 23 September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *