Kategori
Altcoins Tutorial Pintu Pemula

Memecoin Hype: Cara Memilih Memecoin Anti Rugpull di 2024

Reading Time: 6 minutes

Setelah dominasi WIF dan BONK di kategori memecoin Solana, baru-baru ini muncul memecoin BOME, SLERF, NIBBA, dan lainnya dengan konsep penjualan pre-sale. Seorang trader bahkan meraup keuntungan sebesar 3,3 juta dolar AS (sekitar 51 miliar rupiah) dalam sekejap! Namun, ada juga yang merugi hingga 1,2 miliar rupiah dari SLERF ketika harga tiba-tiba turun drastis. Di dunia memecoin, peluang besar untuk keuntungan dan kerugian bisa terjadi dengan cepat. Artikel ini akan membahas cara memilih memecoin yang tepat serta melihat memecoin mana yang memiliki potensi di masa depan.

Ringkasan Artikel

  • 🪙 Belakangan ini muncul penjualan memecoin dengan konsep pre-sale di jaringan Solana, seperti BOME, SLERF, NIBBA, dan lain-lain.
  • 🪴 Solana menjadi platform utama untuk perdagangan memecoin karena biaya transaksi yang rendah dan adanya DEX seperti Jupiter.
  • 👨‍💻 Dalam memilih memecoin yang tepat, faktor-faktor seperti reputasi tim developer, aktifitas dan keberagaman komunitas, potensi rugpull, dan aktivitas dalam blockchain perlu dipertimbangkan dengan cermat.
  • 🐸 Meskipun memiliki risiko tinggi, beberapa memecoin memiliki potensi di masa depan. Integrasi dengan teknologi baru seperti DeFi dan metaverse, serta dukungan dari komunitas yang bersemangat, dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi memecoin.

Perkembangan Memecoin saat ini

Baru-baru ini narasi memecoin menjadi topik menarik di kalangan komunitas crypto. Aset crypto seperti BTC, ETH, dan beberapa altcoin lainnya sudah dinilai sebagai aset risiko tinggi. Namun, memecoin berada di level paling atas dari sisi risiko dan menjadi aset paling spekulatif.

Bagaimana tidak, pre-sale memecoin Book of Meme (BOME) di Twitter oleh akun @Darkfarms1 dapat menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat dalam sekejap bagi penggunanya. Jika kamu memasukkan 10.000 rupiah, maka ia akan menjadi 1 juta di titik puncaknya!

Kegilaan sistem pre-sale token semakin menjadi dan banyak akun melakukan hal serupa. Kejadian di luar dugaan terjadi pada pre-sale memecoin Slerfsol (SLERF). Developer SLERF secara tidak sengaja membakar token senilai lebih dari 10 juta dollar AS yang seharusnya untuk dibagikan kepada penggunanya. Namun, token SLERF yang diperdagangkan di DEX melonjak dan mencapai volume trading 2 miliar dollar AS dalam 12 jam!

Sebelum hal ini terjadi, peningkatan harga memecoin secara signifikan terjadi pada token PEPE, WIF, DOGE, SHIB, BONK, dan beberapa memecoin lainnya. Salah satu pemicunya adalah persetujuan ETF Bitcoin yang tidak hanya mengangkat BTC ke level yang lebih tinggi, tetapi juga memicu kebangkitan memecoin.

Sumber: Messari

Solana telah menjadi platform terkemuka untuk perdagangan memecoin. Hal ini karena banyaknya trader aktif harian di DEX seperti Jupiter dan biaya transaksi yang rendah. Dua faktor ini menjadikan Solana sebagai pusat perdagangan untuk aset dengan kapitalisasi kecil. Sebut saja BOME dan SLERF, keduanya merupakan memecoin baru yang sukses diluncurkan di Solana.

Baca lebih lengkap tentang Jupiter di artikel Apa itu Jupiter (JUP)? Agregator DEX Terbesar di Solana.

Per Desember 2023, jumlah trader di DEX Solana terus meningkat hingga saat ini. Gambar di atas menunjukan jumlah trader di Solana telah mengungguli Ethereum. WIF dan BONK menguasai kapitalisasi pasar memecoin di Solana.

Cara memilih proyek memecoin

Ada ribuan memecoin yang tersedia saat ini, terutama di jaringan Solana sejak maraknya konsep pre-sale token baru-baru ini. Agar dapat memilih proyek memecoin yang memiliki potensi untuk memberikan keuntungan, kamu perlu memerhatikan hal-hal berikut:

Tim developer

Ketika memilih memecoin, kamu harus memerhatikan tim developer-nya. Cari tahu reputasi, pengalaman, visi, dan keterlibatan tim dalam proyek. Misalnya, suatu developer pembuat NFT A membuat memecoin B. Kamu bisa lihat performa NFT A sebagai pertimbangan untuk membeli memecoin yang dibuat oleh developer yang sama.

Komunitas

Perhatikan seberapa aktif dan beragam komunitas proyek tersebut. Fundamental paling berpengaruh untuk sebuah memecoin adalah komunitas. Dalam komunitas yang kuat, anggota berbagi informasi serta pengalaman mereka dengan proyek dan saling berbagi meme untuk menjaga suasana yang menyenangkan.

Kamu perlu melihat seberapa besar komunitas suatu memecoin di berbagai platform sosial medianya, seperti Discord, Telegram, Twitter, dan Reddit. Perhatikan apakah ada banyak aktivitas komunikasi atau malah cenderung platform tersebut sepi.

Cek potensi rugpull

Kamu bisa mengecek penilaian potensi rugpull suatu memecoin di Solana melalui https://rugcheck.xyz/. Platform ini dapat membantu kamu dalam mendapatkan infromasi mengenai analisis smart contract, verifikasi likuiditas, pemeriksaan tim developer, dan peringkat risiko suatu memecoin.

Perhatikan aktivitas dalam blockchain

Sebagian besar memecoin tidak terdaftar di CEX, sehingga kamu bisa memantaunya di DEX melalui alat, seperti DEXTools. Di platform ini, kamu dapat menemukan daftar semua kumpulan likuiditas untuk memecoin apa pun yang kamu cari.

Platform ini bisa sangat berguna untuk mengevaluasi keadaan pasar untuk memecoin yang kamu analisis dan memeriksa volume perdagangannya, penyedia likuiditas terbesar, dan banyak lagi.

Analisis fundamental memecoin

Meskipun memecoin hanyalah sebuah koin lelucon, namun beberapa memecoin tidak hanya berfungsi sebagai koin hiburan saja, tetapi juga memiliki kegunaan di dalam ekosistemnya sendiri.

1. Pepe (PEPE)

Pepe adalah meme yang paling banyak digunakan di komunitas crypto. Ia memiliki komunitas dan pengikut sosial media yang cukup banyak. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pendorong harga PEPE meningkat. Di Twitter, Pepe memiliki pengikut sebanyak 620k dan di Telegram lebih dari 52k anggota.

pepe memecoin
Sumber: Dune Analytics

Dari gambar di atas, pada 10 Maret 2024, pembelian PEPE per jam mencapai 381.510 dollar AS. Saat ini, dikutip dari DappRadar, volume perdagangan PEPE per jam mencapai 1,5 miliar dollar AS! Lonjakan transaksi terjadi mulai akhir Februari 2024. Total jumlah holder PEPE sekitar 189.929 dengan pemegang terbesar dimiliki oleh salah satu CEX ternama.

Faktor lain yang memengaruhi harga PEPE adalah proyek ini memberikan imbalan kepada pemegangnya dengan mendistribusikan 2% dari setiap transaksi kepada semua pemegang yang ada secara proporsional. Hal ini menciptakan insentif bagi pengguna untuk memegang token dalam jangka waktu yang lebih lama dan mendapatkan penghasilan pasif.

Selain itu, PEPE telah diintegrasikan dengan berbagai platform dan layanan yang meningkatkan utilitas dan adopsinya. Misalnya, PEPE dapat digunakan untuk membeli NFT di OpenSea Pro, bermain game di Pepe Casino, mendapatkan bunga di Compound, dan menukarkan token (swap) di Uniswap.

2. Bonk Inu (BONK)

bonk memecoin
Sumber: Dune Analytics

Sama seperti PEPE, memecoin Bonk Inu (BONK) juga memilliki nilai jualnya sendiri. Dalam 14 hari terakhir dari 17 Maret 2023, transaksi BONK mencapai 6 juta transaksi. Saat artikel ini ditulis, volume perdagangan BONK per jam mencapai 303 juta dollar AS dengan pemegang token sebanyak 670.185 holders.

BONK adalah salah satu pelopor memecoin di Solana dan menjadi katalis memecoin season di Solana beberapa waktu lalu. Token ini juga memiliki ekosistem yang cukup komplit sebagai sebuah memecoin. BONK terintegrasi dengan dApps DeFi, gaming, dan NFT seperti BONKSWAP, BONKbot, OpenBonkSwap, dan Bonkcoin NFT. Hal ini membuat peneliti Blockworks, Dan Smith, mengatakan dalam akun X-nya bahwa Bonk mungkin sebuah perusahaan teknologi yang dibungkus dalam memecoin.

3. Shiba Inu (SHIB)

shib memecoin
Sumber: Etherscan

Shiba Inu (SHIB), memecoin terbesar kedua ini memiliki volume perdagangan per jam mencapai 1,9 miliar dollar AS dengan pemegang token sebanyak hampir 1,4 juta holders. Angka yang cukup fantastis bagi sebuah memecoin. Dalam beberapa jam terakhir, SHIB telah ditransaksikan sebanyak 12,3 juta transaksi.

Shiba Inu (SHIB) yang disebut-sebut sebagai ‘Dogecoin killer’, ia membedakan dirinya dari Dogecoin dengan mengembangkan ekosistemnya sendiri. Ekosistem Shiba mencakup Shibarium, Shib the Metaverse, Shibacals, ShibaSwap, dan Shiba Eterenity. Hal ini memberikan Shiba Inu lebih banyak kegunaan dan potensi teknis.

Potensi Memecoin

memilih memecoin
Sumber: memecoinmonitor

Memecoin pada dasarnya adalah sebuah token hiburan yang memiliki nilai berkat adanya hype di internet. Memecoin memiliki daya tarik pada volatilitas harga yang tinggi sehingga memberikan kesempatan bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan besar dengan cepat.

Komunitas memecoin saat ini cenderung mencari memecoin di blockchain baru yang menawarkan kecepatan transaksi dan biaya rendah, misalnya Base. Selain itu, berkat tingginya volume transaksi memecoin di suatu blockchain, memecoin juga menjadi indikator ramainya aktivitas dalam blockchain, seperti BONK di Solana pada Q4 2023.

Meskipun memiliki risiko paling tinggi di antara kategori aset crypto lainnya, beberapa memecoin memiliki potensi di masa depan. Integrasi dengan teknologi baru seperti DeFi dan metaverse bisa memberikan nilai tambah yang signifikan. Selain itu, komunitas yang bersemangat di sekitar memecoin mungkin menjadi sumber inovasi baru yang mengarah pada pengembangan fitur-fitur yang lebih kuat.

Salah satu pelopor memecoin adalah Dogecoin (DOGE). Dogecoin saat ini menjadi memecoin terbesar dengan market cap 21,8 miliar dollar AS dan masuk 10 besar aset crypto. Beberapa berita mengabarkan bahwa DOGE nantinya akan dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli mobil Tesla, membayar biaya sekolah, dan lain-lain.

Beberapa memecoin juga sudah memiliki ekosistemnya sendiri dan terus mengembangkanya dengan integrasi koinnya. Sebagai contoh, token MEME yang merupakan memecoin buatan 9GAG adalah sebuah token buatan platform Web3, Memeland. Tim developer Memeland sedang merancang metaverse bernama Treasure Islandz, di mana token MEME berpotensi menjadi alat pembayaran yang digunakan di dalamnya.

Kesimpulan

Dalam perkembangan terbaru, memecoin telah menjadi topik menarik di kalangan komunitas crypto yang menawarkan peluang tinggi untuk keuntungan cepat. Fenomena seperti pre-sale token BOME dan SLERF mencerminkan kegilaan di pasar memecoin.

Untuk memilih memecoin yang tepat kamu harus memerhatikan beberapa hal. Di antaranya adalah tim developer, komunitas proyek memecoin dan faktor-faktor teknis seperti potensi rugpull dan aktivitas perdagangan dalam blockchain.

Meskipun memiliki risiko tinggi, memecoin berpotensi memberikan keuntungan besar asalkan dengan penilaian yang cermat dan sedikit faktor keberuntungan. Oleh karena itu, pastikan kamu benar-benar melakukan penelitian mendalam untuk menghindari kerugian finansial dari memecoin.

Referensi

  1. 0xkyle, Manical Memecoin Meta, Substack, diakses 19 Maret 2024.
  2. Ally Zach, Navigating Memecoin Mania, Messari, diakses 19 Maret 2024.
  3. Franklin Templeton Digital Assets, The Value Between Meme Coins and Their Native Networks, X, diakses 19 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *