Kategori
Investasi Pemula

Strategi Mendapatkan Airdrop di Solana 2024

Reading Time: 8 minutes

Setiap awal bull market, airdrop selalu menjadi perbincangan hangat di antara komunitas kripto. Semua orang ingin mendapatkan aset kripto secara gratis, terutama apabila aset tersebut dari proyek yang menjanjikan. Bull market selalu menjadi waktu yang tepat untuk proyek melakukan airdrop karena kondisi pasar yang sedang baik. Proyek di ekosistem Solana sudah mulai melakukan airdrop dalam beberapa bulan terakhir. Lebih lanjut lagi, banyak yang akan melakukan hal sama dalam waktu dekat.

Ringkasan Artikel

  • 💸 Airdrop dan Bull Market: Di awal setiap bull market, airdrop menjadi topik populer di kalangan komunitas kripto. Bull market adalah waktu yang ideal bagi proyek untuk melakukan airdrop, dan proyek di ekosistem Solana telah mulai melakukannya.
  • 💪 Prinsip dan Cara Mendapatkan Airdrop: Untuk mendapatkan airdrop, pengguna harus menunjukkan konsistensi dan komitmen kapital. Proyek-proyek menjadi lebih selektif dalam memberikan airdrop. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan airdrop biasanya beberapa bulan.
  • 🪂 Airdrop di Ekosistem Solana: Rumor tentang airdrop di ekosistem Solana sudah ada sejak pertengahan 2023 karena banyak protokol DeFi yang belum memiliki token. Pyth Network dan Jito adalah contoh proyek yang telah melakukan airdrop di Solana, menarik perhatian komunitas kripto ke ekosistem ini.
  • 🏦 Potensi Airdrop dari Beberapa Protokol Solana: Beberapa protokol di Solana, seperti MarginFi, Kamino Finance, Jupiter, Tensor, dan Drift Protocol, diprediksi akan melakukan airdrop. Protokol-protokol ini telah mengumumkan atau dirumorkan akan segera meluncurkan token mereka.

Prinsip Airdrop dan Cara Mendapatkannya

Airdrop adalah imbalan aset kripto yang diberikan oleh sebuah proyek kepada pengguna setia dan anggota komunitasnya. Pada awalnya, kriteria mendapatkan airdrop sangatlah mudah karena pengguna kripto yang sangat sedikit. Kini kamu harus berkompetisi dengan ribuan pengguna untuk mendapatkan airdrop. Maka dari itu, proyek juga semakin cerdik untuk hanya memberikannya kepada pengguna setia yang tidak sekadar mencari imbalan.

Dua prinsip mendapatkan airdrop adalah konsistensi dan komitmen kapital. Seperti yang sudah dijelaskan, sekarang proyek memiliki kriteria ketat untuk menyeleksi pengguna. Kamu harus melakukan komitmen kapital dan konsisten melakukan serangkaian aktivitas untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan airdrop.

Selain itu, jangan berharap kamu akan mendapatkan airdrop dalam waktu 1 atau 2 minggu karena biasanya akan memakan waktu beberapa bulan. Proyek juga biasanya memasukkan frekuensi dan lama penggunaan ke dalam alokasi token airdrop. Pengguna yang sudah aktif untuk 1 atau 2 bulan biasanya mendapatkan lebih banyak token.

Jadi, apakah tidak ada cara mendapatkan airdrop secara gratis? Masih ada namun ini sangat sulit dilakukan. Biasanya, kamu harus paling awal memasuki grup Discord sebuah proyek baru dan aktif mengikuti kampanye dan acaranya seperti AMA dan tugas di Zealy. Kamu akan mendapatkan berbagai NFT gratis dan peran di Discord yang biasanya akan masuk konsiderasi airdrop. Namun, ini artinya kamu harus menemukan proyek tersebut sebelum orang lain.

Airdrop di Ekosistem Solana

Rumor airdrop di ekosistem Solana sudah dimulai sejak Oktober 2023. Pada saat itu, orang mulai menyadari bahwa banyak protokol DeFi baru bermunculan di Solana dan kebanyakan belum memiliki token. Hal tersebut memicu banyak spekulasi di X seperti buatan Aylo dan Dynamo DeFi. Salah satu influencer besar di Solana, Ansem, juga berspekulasi beberapa protokol akan melakukan airdrop.

Pyth Network dan Jito adalah dua proyek yang sudah melakukan airdrop di antara generasi baru protokol-protokol baru di Solana. Jito terutama mengembalikan perhatian komunitas kripto ke Solana. Sekarang, sudah banyak menyadari potensi keuntungan airdrop di Solana. Berikut adalah beberapa protokol Solana yang berpotensi memberikan airdrop.

Beberapa Protokol yang Berpotensi Melakukan Airdrop

1. MarginFi dan Kamino Finance

marginfi kamino poin airdrop

Kamino Finance dan marginfi adalah dua protokol peminjaman terbesar di Solana. Kamino memiliki TVL $249 juta sementara marginfi $341 juta (26 Januari 2024). Sebagai dua protokol peminjaman terbesar di Solana, banyak pencari airdrop di Solana memutarkan aset melewati keduanya.

marginfi sudah mengumumkan sistem poin sejak Juli 2023 untuk memberikan insentif kepada penggunanya. Program poin yang sudah berjalan selama 6 bulan lebih membuat sentimen di Twitter semakin negatif karena belum ada berita apa pun tentang airdrop.

Namun, peluncuran token MRGN sepertinya akan berhubungan dengan berbagai produk yang akan diluncurkan seperti stablecoin terdesentralisasi YBX.

Sementara itu, Kamino Finance baru saja mengumumkan program poin dan token KMN pada 19 Januari 2024. Layaknya marginfi, sistem poin Kamino akan diberikan dalam basis kontribusi per dolar per hari. Namun, bedanya Kamino adalah pengguna bisa mendapatkan poin tambahan melalui fitur multiply dan leverage.

Selain itu, Kamino menjelaskan bahwa sistem poin akan terus berjalan meskipun token KMN sudah diluncurkan yang artinya airdrop akan dilakukan lebih dari 1 tahap.

2. Jupiter

jup token jupiter solana

Jupiter adalah agregator DEX terbesar di Solana. Ia menghubungkan pengguna dengan berbagai DEX yang ada di Solana dan memberikan rute pertukaran dan trading paling optimal.

Peluncuran token JUP sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna. Terlebih lagi, Jupiter mengumumkan bahwa alokasi token JUP adalah 50% tim dan 50% pengguna. Total suplai JUP adalah 10 miliar JUP dan airdrop akan dibagi menjadi 4 tahap.

Di tahap satu yang akan dilakukan pada 31 Januari 2024, 1 miliar JUP akan dibagikan ke pengguna yang melakukan trading sebelum 4 November 2023. Jupiter belum merilis syarat detail mendapatkan alokasi JUP tapi banyak orang berspekulasi bahwa kriteria utamanya adalah volume trading dan frekuensi.

3. Tensor

tensor solana nft

Tensor adalah pasar digital NFT terbesar di Solana yang baru berumur 1 tahun. Meskipun begitu, Tensor berhasil menyalip Magic Eden, pasar NFT yang lebih dulu ada di Solana. Tensor sudah memiliki sistem imbalan yang sudah berjalan selama 3 season. Maka dari itu, semua orang berspekulasi bahwa sistem imbalan ini akan berakhir dalam peluncuran token, seperti BLUR.

Layaknya BLUR, kamu bisa mendapatkan poin dari Tensor melalui berbagai aktivitas seperti menjual, membeli, dan menggunakan fitur baru price lock. Di musim imbalan ke-3, poin paling banyak dialokasikan ke pengguna yang menggunakan price lock.

Fitur price lock adalah fitur trading NFT layaknya futures di mana kamu bisa menjadi trader (taker) atau penyedia dana (maker). Fitur price lock tidak memiliki sistem likuidasi karena kamu hanya akan kehilangan biaya transaksi yang kamu bayar di awal jika rugi (3,5%).

Terakhir, memiliki NFT dari koleksi Tensorians dan menguncinya pada staking akan melipatgandakan poin yang kamu dapatkan. Pemilik Tensorians juga akan mendapatkan alokasi airdrop token Tensor.

4. Drift Protocol

drift protocol solana

Drift Protocol adalah platform trading terdesentralisasi terbesar di Solana. Sistem poin baru saja diumumkan pada 23 Januari 2024. Ia hanya akan berjalan maksimal selama 3 bulan yang memicu spekulasi token Drift akan meluncur setelahnya.

Namun, tidak ada penjelasan detil tentang aktivitas yang akan berkontribusi terhadap poin. Banyak orang berasumsi bahwa poin akan dihitung melalui volume trading setiap pengguna dan berbagai fitur yang ada di Drift.

Aktivitas utama yang akan memberikanmu poin untuk mendapatkan airdrop adalah trading spot dan leverage di Drift. Kamu juga bisa menyediakan pinjaman dan meminjam langsung di Drift. Selain itu, kamu bisa mendapatkan bunga melalui dua aktivitas yaitu mengunci aset di brankas asuransi dan menjadi penyedia likuiditas lewat DLP (Drift Liquidity Providers).

3 Strategi Airdrop di Ekosistem Solana

1. Strategi Trading Jupiter

jupiter dex solana

Mendapatkan airdrop token JUP adalah salah satu hal paling mudah yang bisa kamu lakukan. Namun, platform DEX biasanya membagikan airdrop berdasarkan volume transaksi setiap akun. Modal yang kamu keluarkan akan sejalan dengan jumlah token yang kamu dapatkan. Kita akan mengejar mencapai volume di atas $1000 dolar.

Selain itu, kamu wajib mencoba fitur DCA dan Limit Order Jupiter karena ada kemungkinan pengguna yang menggunakan fitur selain swap mendapatkan alokasi tambahan.

Berikut strategi ideal mendapatkan token JUP:

  1. Beli SOL di Pintu dengan nominal yang kamu inginkan (dalam strategi ini $500 dolar).
  2. Buat 5 dompet Solana (Phantom, Solflare, atau Backpack).
  3. Kirimkan SOL kamu dengan nominal $100 dolar ke masing-masing dompet.
  4. Lakukan swap SOL-USDC setiap hari selama 7 hari di 5 dompet tersebut (untuk mencegah dianggap sebagai bot).
  5. Pada minggu kedua, swap SOL ke koin ekosistem Solana lainnya seperti PYTH, JTO dll (swap kembali ke SOL jika kamu tidak ingin berinvestasi di koin lain selain SOL).
  6. Setiap minggunya, lakukan minimal 1 swap atau coba fitur DCA dan Limit Order di Jupiter untuk menjaga status dompet kamu sebagai aktif.
  7. Ulangi langkah-langkah di atas secara konsisten.
Kamu bisa menyesuaikan nominal dan jumlah dompet yang ingin kamu gunakan untuk mencari airdrop. Jika terlalu rumit, kamu bisa melakukannya dengan 1 dompet dan modal sekecil $10 atau $20 dolar. Bedanya, kamu harus melakukan langkah di atas dengan frekuensi lebih sering untuk mencapai volume transaksi di atas $1000 dolar.

Saat ini, kamu sudah melewatkan kesempatan mendapatkan airdrop JUP fase 1. Namun, jangan khawatir karena airdrop JUP akan dilakukan dalam 4 tahap sehingga masih banyak kesempatan untuk mendapatkan airdrop.

2. Strategi Kamino dan marginfi

kamino finance marginfi points

Kamino dan marginfi sama-sama memiliki sistem poin untuk mengukur alokasi airdrop pengguna. Salah satu strategi airdrop paling populer di platform peminjaman adalah melakukan looping peminjaman aset yang stabil seperti USDC. Namun, proses ini cukup memusingkan jika kamu baru mencoba platform peminjaman.

Berikut strategi dasar untuk mendapatkan airdrop di Kamino dan marginfi:

  1. Beli USDC di Pintu dan kirimkan ke dompet Solana.
  2. Buka Kamino dan marginfi, sambungkan dompet, dan buka halaman lend/borrow.
  3. Sediakan USDC atau SOL di halaman lend.
  4. Pinjam aset di halaman borrow untuk mendapatkan poin lebih banyak (pinjam USDC jika kamu tidak mau risiko likuidasi).
  5. Khusus Kamino: gunakan fitur multiply dan leverage untuk poin tambahan (jangan lakukan jika kamu pemula).

Langkah di bawah hanya dikhususkan untuk kalian yang sudah mengerti konsep DeFi. Dalam strategi looping, kamu akan mendapatkan poin yang jauh lebih banyak namun dengan risiko lebih besar.

  1. Sesudah meminjamkan USDC, pinjam USDC.
  2. Gunakan USDC yang kamu pinjam untuk menyediakan pinjaman lagi.
  3. Pinjam kembali USDC yang kamu pinjamkan.
  4. Lakukan ini hingga kamu mendekati rasio LTV (Loan-To-Value) maksimal.
  5. Perhatikan bahwa semua posisi kamu akan terlikuidasi jika USDC mengalami depeg.

3. Strategi Airdrop Drift Protocol

drift protocol poin

Drift Protocol sebenarnya tidak hanya platform untuk trading terdesentralisasi, ia menawarkan fitur lengkap termasuk peminjaman dan swap. Jadi, bagi kalian yang tidak ingin melakukan trading, kalian bisa melakukan aktivitas lain untuk mendapatkan poin dari Drift.

Maka dari itu, strategi Drift Protocol tidak akan dibuat seperti langkah namun sebagai pilihan.

  1. Melakukan trading terdesentralisasi di Drift, termasuk leverage trading, membeli spot, dan melakukan swap. Fokus di volume transaksi jika kamu akan melakukan strategi ini
  2. Strategi mengunci aset di dana asuransi Drift untuk mendapatkan bunga dan poin. Sebarkan asetmu untuk mendapatkan poin lebih banyak namun dengan risiko lebih tinggi.
  3. Memberikan pinjaman dan meminjam di Drift. Strategi ini bisa kamu gabungkan dengan mengunci aset di dana asuransi Drift.
  4. Menjadi penyedia likuiditas Drift atau DLP. Perlu kamu tahu kalau terdapat risiko impernanent loss dalam menjadi penyedia likuiditas. Kamu juga bisa menggabungkan strategi ini dengan strategi menjadi peminjam di Drift.
@zerototom membuat thread bagus tentang cara menggabungkan aktivitas di Drift dan beberapa protokol seperti Kamino untuk memaksimalkan potensi mendapatkan airdrop.

Kesimpulan

Dalam dunia kripto, airdrop selalu diincar oleh banyak pengguna, terutama selama periode bull market. Airdrop menjadi strategi penting bagi proyek-proyek kripto untuk membangun komunitas dan loyalitas pengguna. Di ekosistem Solana, proyek-proyek besar seperti MarginFi, Kamino Finance, Jupiter, Tensor, dan Drift Protocol menjadi pusat perhatian karena berpotensi melakukan airdrop.

Dengan semakin ketatnya kriteria untuk mendapatkan airdrop, pengguna harus lebih aktif dan terlibat dalam proyek-proyek tersebut untuk meningkatkan kesempatan mereka. Strategi dan komitmen jangka panjang akan menjadi kunci untuk memanfaatkan peluang airdrop di ekosistem Solana dan lebih luas di dunia kripto.

Cara Membeli Koin SOL di Aplikasi Pintu

Kamu bisa mulai berinvestasi pada berbagai macam aset kripto di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli SOL pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari SOL.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah menjadi investor Solana!

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, ARB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *