Kategori
Artikel Pilihan Investasi Tutorial Pintu Web3 Menengah

Cara Mudah Dapatkan Airdrop zkSync, Linea, Etherfi dan Ethena dengan Pintu Web3 Wallet

Reading Time: 8 minutes

Musim airdrop masih terus berlanjut. Beragam protokol yang belum meluncurkan native token diprediksi akan segera membagikannya melalui airdrop. Selain itu, terdapat juga protokol yang mengadakan kampanye airdrop season 2. Tertarik mencoba peruntunganmu untuk mendapatkan airdrop? Tenang, artikel berikut telah menyiapkan panduan mendapatkan airdrop dari empat protokol, yakni, zkSync, Linea, EtherFi, dan Ethena. Semua panduannya bisa langsung kamu coba menggunakan Pintu Web3 Wallet, lho!

Ringkasan Artikel

  • 🏆 Dalam memburu airdrop zkSync dan Linea diperlukan bridging pada masing-masing jaringan. Selain itu, dibutuhkan volume dan transaksi sebanyak-banyaknya untuk memperbesar peluang mendapatkan airdrop.
  • 🚀 EtherFi tengah menjalankan kampanye airdrop Season 2: StakeRank. Pengguna diharuskan men-stake ETH ke EtherFi untuk mendapatkan poin yang dijadikan perhitungan dalam pembagian airdrop.
  • ⚡ Ethena juga tengah menjalankan kampanye airdrop Sats Campaign. Pengguna diharuskan melakukan swap stablecoin USD mereka menjadi USDe. Nantinya, USDe bisa di-stake atau dikunci ke dalam kolam likuiditas untuk mendapatkan poin.

Berburu Airdrop dengan Pintu Web3 Wallet

Pintu Web3 Wallet terus berupaya untuk memberikan kualitas dan layanan terbaik, salah satunya adalah dengan terus menambah jaringan baru. Dengan adanya jaringan baru, maka koneksi Pintu Web3 Wallet akan semakin luas. Belum lama ini, Pintu Web3 Wallet telah menambahkan jaringan Linea, zkSync, Base, dan Mantle.

Kehadiran jaringan baru juga menambah kesempatan bagi pengguna Pintu Web3 Wallet untuk berpartisipasi pada kampanye airdrop yang ada di jaringan tersebut. Linea dan zkSync adalah jaringan yang belum mempunyai native token. Melakukan aktivitas on-chain di kedua jaringan tersebut bisa jadi akan membuatmu memenuhi syarat untuk mendapatkan airdrop.

Selain Linea dan zkSync, artikel berikut juga akan membahas proyek lain yang tengah menjalankan kampanye airdrop, yakni EtherFi dan Ethena. Terdapat juga panduan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar Pintu Web3 Walletmu memenuhi kriteria untuk mendapatkan airdrop dari keempat protokol tersebut.

Sebelumnya, baca juga artikel lain terkait berburu airdrop menggunakan Pintu Web3 Wallet di sini dan di sini.

1. zkSync

zkSync adalah solusi skalabilitas layer-2 (L2) untuk Ethereum yang menggunakan teknologi zero-knowledge rollup (ZK-rollup). Teknologi ini memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah sambil memberikan pengguna keamanan jaringan Ethereum.

Pelajari lebih lanjut soal zkSync beserta cara kerjanya melalui artikel berikut

zkSync menjadi salah satu protokol besar yang airdropnya dinanti-nanti oleh pelaku crypto. Bahkan, banyak yang memperkirakan TGE zkSync akan segera terjadi. Apalagi, mainnet zkSync sudah berusia lebih dari setahun sehingga persiapannya dianggap sudah matang.

Sejauh ini, belum ada pengumuman resmi dari tim zkSync terkait persyaratan untuk bisa mendapatkan airdrop. Namun, spekulasi yang bermunculan adalah dengan mengejar transaksi dan volume. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba lakukan

Cara Mendapatkan Airdrop zkSync

  • Pertama, kamu harus melakukan bridging dari wallet ke mainnet zkSync melalui bridge native milik zkSync. Pergi ke https://portal.zksync.io/bridge/ untuk melakukan bridging.
  • Setelah itu hubungkan Pintu Web3 Wallet melalui Wallet Connect. Pastikan kamu mempunyai sejumlah ETH di dompet kamu untuk melakukan transaksi.
  • Masukkan berapapun nominal ETH yang hendak kamu kirimkan. Lalu pilih jaringan yang dituju adalah zkSync.
Sebaiknya jangan mengirim ETH dengan nominal terlalu kecil melalui bridge. Pastikan nominal yang kamu kirimkan mencukupi untuk melakukan berbagai transaksi. Dalam proses seperti ini, kamu selalu bisa menarik kembali ETH yang sudah kamu kirimkan
  • Jika sudah selesai melakukan bridge, langkah berikutnya adalah melakukan swap di DEX yang mendukung jaringan zkSync. Saat ini DEX terbesar di zkSync adalah Syncswap. Ada juga alternatif lain seperti Koi Finance dan zkSwap.
  • Setelah masuk ke halaman DEX, lakukan swap dari ETH ke USDC. Setelah berhasil, kamu bisa kembali melakukan swap USDC tersebut ke ETH.
  • Lakukan proses ini secara berulang untuk mengejar jumlah transaksi dan volume yang tercatat. Semakin tinggi nilai keduanya, maka akan semakin besar peluang airdrop yang kamu terima.
  • Jika kamu memiliki ETH dalam jumlah yang lebih besar, kamu juga bisa menjadi penyedia likuiditas pada DEX tersebut.
  • Seiring zkSync tidak menyediakan dashboard untuk memeriksa jumlah transaksi dan volume, kamu bisa menggunakan platform seperti Wenser. Perlu diingat, Wenser hanya melakukan pengecekan berdasarkan kriteria yang pernah ada. Jadi angka yang ditampilkan baru sebatas spekulasi.

2. Linea

Linea Network adalah solusi L2 zkEVM yang dibangun di atas Ethereum, dirancang untuk meningkatkan throughput dan mengurangi biaya transaksi. Ia diperkirakan mempunyai biaya transaksi yang 15X hingga 20X lebih rendah dibanding Ethereum. Selain itu, Linea juga menawarkan solusi yang ramah pengembang dan mendukung alat-alat pengembang seperti MetaMask, Truffle, dan Infura secara native.

Sejauh ini, tim Linea belum memberikan pengumuman resmi terkait persyaratan airdrop. Sama halnya dengan zkSync, saat ini para pengejar airdrop Linea berlomba untuk meningkatkan nilai transaksi dan volume.

Selain itu, Linea juga tengah mengadakan kampanye Linea Park. Pada kampanye ini, pengguna bisa menyelesaikan misi-misi pada dApps yang ada untuk mendapatkan poin. Banyak yang memprediksi poin tersebut akan diperhitungkan dalam persyaratan airdrop.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba lakukan untuk mendapatkan airdrop Linea:

Cara Mendapatkan Airdrop Linea

  • Setelah terhubung, selesaikan proses verifikasi Proof of Humanity. Dalam proses ini ada dua kelompok tahapan yang harus diselesaikan. Jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah ETH guna menyelesaikan proses ini.
  • Jika sudah menyelesaikan Proof of Humanity, selanjutnya buka halaman https://layer3.xyz/linea-park untuk mengerjakan beragam misi yang ada di Linea Voyage. Kamu nantinya akan mendapatkan poin jika berhasil menyelesaikan misi-misi tersebut.
  • Berikutnya lakukan bridge menggunakan bridge native milik Linea, yakni https://bridge.linea.build/. Hubungkan Pintu Web3 Wallet melalui WalletConnect.
  • Pada halaman utama, pilih opsi Native Bridge for Tech Operators. Lalu masukkan nominal ETH serta pilih opsi Automatic Claiming. Tunggu proses bridging hingga berhasil.
  • Setelah ETHmu masuk di jaringan Linea, lakukan transaksi swap maupun menjadi penyedia likuiditas pada native DEX yang ada di jaringan Linea. Saat ini hanya ada dua DEX native di Linea, yakni Lynex dan Mendi Finance.

3. EtherFi

EtherFi adalah protokol yang menawarkan layanan liquid restaking terdesentralisasi non-kustodian di jaringan Ethereum. Ia juga terintegrasi dengan native restaking ke EigenLayer sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan imbalan tambahan.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut soal EtherFi dan cara kerjanya, baca artikel berikut.

Setelah membagikan airdrop pada TGE yang berlangsung dari sampai 18 Juni 2024, EtherFi melanjutkan lagi program airdropnya melalui airdrop Season 2: StakeRank. Program ini sudah dimulai sejak 25 Maret kemarin hingga 30 Juni 2024. EtherFi akan membagikan sebanyak 5% dari total pasokan EtherFi kepada pengguna EtherFi yang memenuhi kriteria StakeRank.

StakeRank menggunakan sistem peringkat di mana di dalamnya terdapat 8 peringkat. Untuk bisa naik satu peringkat, pengguna diperlukan menstake ETH mereka lebih dari 100 jam terlebih dahulu. Peraturan dan persyaratan lainnya di StakeRank Season 2 bisa kamu periksa di sini.

Cara Mendapatkan Airdrop di EtherFi

  • Kunjungi website https://app.ether.fi/ untuk memulai proses staking. Jangan lupa untuk menghubungkan Pintu Web3 Wallet melalui WalletConnect.
  • Sebelum memulai proses staking di EtherFi, pastikan kamu sudah mempunyai ETH terlebih dahulu. Kamu bisa membeli ETH di Pintu dan mengirimkannya ke Pintu Web3 Wallet. Gunakan jaringan Arbitrum atau Optimism untuk mendapatkan biaya gas yang lebih rendah.
  • Setelah wallet terhubung, kamu bisa memasukkan nominal ETH yang hendak kamu stake di EtherFi. Perlu diketahui, pengguna harus men-stake minimal 0,1 ETH di Etherfi untuk bisa lanjut naik ke peringkat berikutnya.
  • Terakhir, kamu perlu mengonfirmasi transaksi tersebut melalui Pintu Web3 Wallet.

Berburu Imbalan EtherFi Tambahan

Menariknya, dengan men-stake ETH melalui EtherFi, pengguna tak hanya mendapatkan imbalan dari APY, namun juga akan mendapatkan EtherFi loyalty points serta EigenLayer points. Poin tersebut dapat meningkatkan imbalan pengguna sekaligus memperbesar peluang mendapatkan airdrop EigenLayer.

Kedua poin tersebut juga bisa didapat dengan cara menjadi penyedia likuiditas pada Balancer atau Curve serta memanfaatkan fitur Vault milik Pendle. Jika memanfaatkan eETHmu untuk salah satu protokol tersebut, kamu bisa mendapatkan boost untuk loyalty poins dan EgenLayer poin sebesar 2x

Lebih lanjut, EtherFi juga memiliki fitur vault, yakni Liquid. Ia merupakan DeFi vault yang menginventasikan eETH pengguna ke berbagai platform DeFi untuk mengoptimalkan yield. Dengan mendepositkan eETH ke Liquid, pengguna berpotensi mendapatkan yield tambahan dari beragam dApps, sekaligus mendapatkan tambahan EtherFi loyalty points serta EigenLayer points.

4. Ethena

Ethena dalah protokol dolar sintentis (USDe) yang dibangun di atas Ethereum. Ia berupaya mengatasi kebutuhan akan mata uang crypto native yang stabil dan scalable, tanpa bergantung pada sistem perbankan tradisional.

Sama halnya dengan EtherFi, Ethena juga jadi salah satu protokol yang baru saja membagikan airdrop berbarengan dengan TGE mereka pada 2 April kemarin. Jika kamu sebelumnya telah mengikuti misi yang diberikan, periksa apakah kamu memenuhi kriteria dan bisa mengklaim token ENA di halaman berikut.

Namun, buat kamu yang tidak mendapatkan airdrop, Ethena telah membuka airdrop season 2 melalui kampanye Sats Campaign. Pada kesempatan ini, mereka telah menggandeng beberapa protokol lain seperti MakerDAO, Morpho, Mantle, Pendle, dan EigenLayer untuk bekerja sama pada Sats Campaign.

Cara Mendapatkan Airdrop Ethena

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan memperoleh poin Sats yang pada akhir kampanye akan menjadi perhitungan untuk memenuhi persrayatan mendapatkan airdrop Ethena:

  • Kunjungi halaman https://app.ethena.fi/ dan hubungkan Pintu Web3 Wallet melalui WalletConnect.
  • Untuk mengikuti kampanye ini, pastikan kamu sudah mempunyai USDT/USDC. Kamu bisa membelinya terlebih dahulu di Pintu dan mengirimkannya ke Pintu Web3 Wallet.
  • Setelah terhubung, pergi ke bagian Buy untuk membeli USDe menggunakan USDT atau USDC. Masukkan nominal yang kamu inginkan, dan jangan lupa sisakan sebagian untuk biaya gas.
  • Setelah memiliki USDe, kamu secara otomatis akan mendapatkan poin Sats sebanyak 5x setiap harinya.
  • Kamu bisa mendapatkan poin Sats tambahan sebesar 2x setiap harinya dengan menstake token USDe milikmu. Saat ini APY untuk menstake token USDe adalah 35,4%.
  • Sementara jika kamu mengunci token USDe dengan menjadi penyedia likuiditas, poin Sats tambahan yang diperoleh mencapai 20x setiap harinya.
  • Selain pada protokol Ethena, kamu juga mengumpulkan poin Sats melalui protokol yang telah menjalin kerjasama dengan Ethena. Pada Pendle misalnya, APY yang didapat bisa mencapao 80,73% dengan tambahan poin Sats sebanyak 20x setiap harinya.
  • Kamu bisa memeriksa progress dan perolehan poin Sats melalui dashboard berikut.

Penutup

Dalam menjalankan kampanye airdrop di atas, kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu, baik untuk biaya transaksi ataupun staking. Adanya modal yang diperlukan seringkali akan membuat sebagian orang enggan mengerjakan kampanye airdrop disebut. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya overfarming, sekaligus menyeleksi pesertanya.

Alhasil, jika memenuhi persyaratan, nominal airdrop yang didapat berpotensi lebih besar dibanding airdrop yang tidak memerlukan modal. Kendati begitu, tetap ada risiko kamu tidak memenuhi persyaratan sehingga modal awal yang dikeluarkan tidak akan terganti. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba? Pastikan untuk gunakan Pintu Web3 Wallet, ya!

🚨 Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi dan pengetahuan bagi pembaca, bukan sebagai saran finansial. Waspada dan hindari segala macam penipuan mengatasnamkan airdrop! Pastikan kamu mengakses link dan informasi terkait dari sumber resmi.

Pintu bukan merupakan pihak penyelenggara airdrop di atas. Oleh sebab itu, Pintu tidak memberikan jaminan bahwa menjalankan langkah-langkah di atas akan membuatmu memenuhi persyaratan mendapatkan airdrop. Semua keputusan akan diambil berdasarkan kebijakan masing-masing protokol terkait.   

Menggunakan Web3 Wallet di Aplikasi Pintu

Pintu telah meluncurkan Web3 Wallet yang bisa kamu gunakan langsung di aplikasi Pintu, lho. Dengan Pintu Web3 Wallet, kamu tidak hanya bisa mengirim, menerima dan menyimpan aset crypto, tapi juga bisa mengakses berbagai dApps seperti OpenSea, PancakeSwap, Blur, dan lain-lain.

Pintu Web3 Wallet mendukung multi-chain network seperti Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon dan lain-lain. Dengan Pintu Web3 Wallet kamu bisa berinteraksi dengan smart contracts dan dApps di berbagai jaringan blockchain hanya dengan satu wallet.

Lewat Pintu Web3 Wallet, kamu bisa menjadi bagian dari masa depan internet yang terdesentralisasi dan berpartisipasi dalam berbagai proyek Web3. Yuk, buat Web3 Wallet-mu di aplikasi Pintu sekarang. Panduan cara membuatnya bisa kamu akses melalui video berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *