Kategori
Artikel Pilihan Pemula

Jelajahi Era Baru Internet dengan Pintu Web3 Wallet

Reading Time: 5 minutes

Memaksimalkan keuntungan dari crypto sebenarnya tidak hanya terbatas dengan cara trading aset saja, lho. Dunia crypto memiliki berbagai ekosistem yang bisa kamu jelajahi, seperti NFT, gamefi, DeFi, dan lain-lain, yang kesemuanya termasuk ke dalam era baru internet, Web3, yang terus berkembang. Untuk mengakses berbagai aplikasi Web3, kamu perlu memiliki Web3 wallet yang aman dan kompatibel dengan beberapa jaringan blockchain. Artikel ini akan membahas pentingnya memiliki Web3 wallet untuk memaksimalkan pengalamanmu di dunia crypto.

Ringkasan Artikel

  • 💰 Web3 wallet adalah sebuah crypto wallet yang tak hanya dapat menyimpan dan mengelola aset crypto, tetapi juga mendukung penggunaan teknologi Web3. Contoh Web3 wallet adalah Metamask, Phantom, Trust Wallet, dan Pintu Web3 Wallet.
  • 🌏 Web3 wallet merupakan identitas pengguna dalam ekosistem Web3. Kamu tidak memerlukan akun terpisah, cukup satu Web3 wallet untuk mengakses berbagai aplikasi Web3.
  • 🔰 Web3 wallet dengan teknologi MPC menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dan bersifat self-custody, yang menambah lapisan keamanan dalam ekosistem Web3.
  • 🎉Aplikasi Pintu kini sudah dilengkapi dengan Pintu Web3 Wallet, sehingga kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai aplikasi Web3 di dalam satu aplikasi.

Sekilas tentang Web3 Wallet

Apa itu Web3 wallet? Web3 wallet adalah sebuah crypto wallet yang tak hanya dapat menyimpan dan mengelola aset crypto, tetapi juga mendukung penggunaan teknologi Web3. Pengguna dapat terhubung ke berbagai decentralized applications (dApps), jual beli NFT, bermain game berbasis blockchain, hingga berburu airdrop dengan satu wallet.

Web3 wallet memberikan pengguna kontrol langsung atas private key, sehingga memungkinkan pengguna memiliki kepemilikan penuh atas aset crypto dan berpartisipasi dalam ekosistem terdesentralisasi. Beberapa contoh Web3 wallet adalah Metamask, Phantom, Trust Wallet, dan Pintu Web3 Wallet.

Perlu diingat bahwa sebuah Web3 wallet tidak langsung menyimpan aset crypto kamu. Aset kamu aman disimpan dalam jaringan blockchain (misalnya, ETH di blockchain Ethereum atau SOL di blockchain Solana). Wallet berfungsi sebagai interface untuk mengelola aset kamu yang terletak dalam jaringan blockchain.

Baca juga: 8 Fungsi Web3 Wallet dalam Ekosistem Blockchain.

Mengapa Perlu Memiliki Web3 Wallet?

Pada dasarnya, Web3 wallet adalah identitas Web3 pengguna dalam ekosistem Web3. Kamu tidak perlu membuat akun dengan e-mail dan kata sandi yang berbeda untuk masuk ke beberapa aplikasi Web3, melainkan hanya dengan satu Web3 wallet.

Semakin berkembangnya ekosistem Web3, semakin banyak juga dApps menarik di berbagai jaringan yang menawarkan kesempatan meraih keuntungan. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan platform lending and borrowing seperti Aave, mencari airdrop dengan bertransaksi di beberapa platform, hingga terhubung ke berbagai media sosial Web3 di Lens Protocol atau CyberConnect.

Setiap blockchain sebenarnya memiliki ekosistem dan wallet-nya masing-masing. Sebagai contoh, Ethereum dan Solana yang merupakan blockchain utama memiliki ekosistem dan wallet-nya masing-masing. Namun, beberapa Web3 wallet sudah mendukung akses ke berbagai blockchain utama dalam satu aplikasi. Misalnya, dengan Pintu Web3 Wallet kamu dapat mengakses berbagai dApps yang tersedia di jaringan Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon, Avalanche, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai perkembangan di ekosistem Web3, kesempatan untuk mendapatkan berbagai keuntungan melalui platform-platform DeFi semakin terbuka lebar. Dengan Web3 wallet, kamu bisa mencoba menggunakan beberapa platform yang mendukung liquid staking, L2, DePIN, RWA, dan lain-lain.

Berikut beberapa kelebihan Pintu Web3 wallet sebagai pintu gerbang untuk menjelajahi dunia Web3.

1. Memiliki interface yang simpel

Web3 wallet memiliki tampilan interface yang simpel dan mudah digunakan. Pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan khusus untuk dapat menggunakan wallet ini dan pembuatannya pun cukup mudah.

2. Terhubung ke ekosistem Web3 yang luas

Web3 wallet tidak hanya dapat menyimpan aset crypto dan NFT saja, tetapi juga dapat mengakses berbagai aplikasi Web3 di berbagai jaringan blockchain. Oleh karena itu, pastikan Web3 wallet kamu telah mendukung jaringan blockchain yang ingin kamu gunakan agar memudahkan kamu dalam bertransaksi.

3. Kontrol penuh atas aset yang dimiliki

Memiliki seed phrase berarti memiliki kontrol penuh atas seluruh aset di dalamnya. Meskipun Web3 wallet dibuat oleh pihak ketiga, namun hanya pengguna yang memiliki seed phrase dan private key saja yang dapat mengakses suatu wallet. Dengan demikian, pihak ketiga pembuat wallet tidak dapat mengakses wallet kamu.

4. Keamanan Tinggi pada Web3 wallet

Ekosistem DeFi di dalam dunia Web3 merupakan sektor yang rentan terhadap peretasan dan penipuan. Oleh karena itu, inovasi dalam teknologi Web3 wallet bertujuan untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dalam melindungi wallet. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan teknologi multi-party computation (MPC) yang memecah private key dan menyimpannya di berbagai pihak terpercaya. Pendekatan ini meningkatkan keamanan wallet dengan meminimalkan risiko akses yang tidak sah.

Web3 Wallet dengan Teknologi MPC

Ketika Web3 wallet tradisional mengharuskan penggunanya menyimpan seed phrase dengan aman, Web3 wallet dengan teknologi MPC atau MPC wallet, menghilangkan kebutuhan akan penyimpanan seed phrase secara utuh. Teknologi MPC inilah yang digunakan oleh Pintu Web3 Wallet.

Lalu, di mana private key MPC wallet disimpan?

Ketika pengguna membuat wallet baru, sistem MPC secara otomatis memecah private key menjadi beberapa bagian dan mengekripsinya yang kemudian disimpan di beberapa pihak besar terpercaya. Lalu, sebagian private key tersebut disimpan oleh pengguna dalam bentuk key share yang memungkinkannya mengakses wallet secara penuh.

Dengan demikian, pengguna memiliki akses penuh terhadap wallet-nya tanpa harus menyimpan private key secara utuh. Private key yang terpecah disimpan dengan aman oleh pihak terpercaya, namun ia tidak dapat mengakses wallet karena bagian dari private key disimpan oleh pengguna.

Dengan kata lain, peretasan dan pencurian private key pada MPC wallet menjadi sangat sulit karena hacker harus mengumpulkan semua bagian yang tersebar untuk mengakses sebuah wallet.

Keunggulan MPC wallet yang memiliki keamanan tinggi, fully decentralized, dan self-custody, membuat pengalaman pengguna menjadi lebih mudah dan aman dalam menjelajahi ekosistem Web3.

Baca lebih lengkapnya di Apa itu MPC Wallet?

Perlu diketahui bahwa beberapa Web3 wallet masih bergantung kepada seed phrase atau daftar kata yang dapat digunakan untuk mengakses wallet. Kehilangan seed phrase atau private key dapat mengakibatkan kehilangan akses permanen ke aset crypto. Proses pemulihan wallet dengan seed phrase akan sulit karena tidak ada pihak lain yang dapat memulihkan wallet sehingga kamu bergantung pada penyimpanan seed phrase yang benar-benar aman.

Pelajari lebih dalam tentang Perbedaan Seed Phrase, Private Key dan Public Key.

Menggunakan Web3 Wallet di Aplikasi Pintu

Pintu baru saja meluncurkan Web3 Wallet yang bisa kamu gunakan langsung di aplikasi Pintu, lho. Dengan Pintu Web3 Wallet, kamu tidak hanya bisa mengirim, menerima dan menyimpan aset crypto, tapi juga bisa mengakses berbagai dApps seperti OpenSea, PancakeSwap, Blur, dan lain-lain.

Pintu Web3 Wallet mendukung multi-chain network seperti Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon dan lain-lain. Sehingga kamu dapat berinteraksi dengan smart contracts dan dApps di berbagai jaringan blockchain hanya dengan satu wallet.

Artinya, dengan Pintu Web3 Wallet, kamu bisa jadi bagian dari masa depan internet yang terdesentralisasi dan berpartisipasi dalam berbagai proyek Web3.

Yuk, buat Web3 Wallet-mu di aplikasi Pintu. Tonton video ini untuk ketahui cara membuatnya.

Kesimpulan

Kamu perlu memiliki Web3 wallet untuk mengakses dunia Web3 yang memiliki peluang besar dalam bidang investasi, hiburan, hingga pendidikan. Web3 wallet populer saat ini mengharuskan penyimpanan seed phrase yang aman agar tidak jatuh ke tangan orang lain.

Masalah timbul jika pengguna kehilangan seed phrase dan private key yang berarti ia juga kehilangan semua aset di dalam wallet tersebut. Oleh karena itu, hadir MPC wallet yang memungkinkan pengguna tetap memiliki kendali penuh tanpa perlu menyimpan seed phrase secara utuh, sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam ekosistem Web3.

Referensi

  1. Graphtronauts, What is a Web3 Wallet and Why You Absolutely Need One, Medium, diakses 9 Januari 2023.
  2. Ruholamin Haqshanas, Seed Phrase, Techopedia, diakses 9 Januari 2023.
  3. Siyu Ren Heinrich, Web3 Wallets: What Are They and Should You Use One? Tastycrypto, diakses 9 Januari 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *