Kategori
Artikel Pilihan Analisis Pasar

Sinyal Crypto Hari Ini, 11 Juni 2024: Token Sektor RWA Siap Menyala

Reading Time: 4 minutes

BTC telah berhasil mempertahankan level $69.000 sebagai level support dalam seminggu terakhir. Bahkan, BTC berhasil sempat naik hingga 5% melewati level $71.000 dan nyaris menembus level resistance di $72.000. Sayangnya BTC kembali kehilangan tenaga dan kembali ke area $69.000.

Berbanding terbaik dengan kinerja BTC, mayoritas altcoin besar lainnya justru berada di zona merah dalam sepekan terakhir. Alhasil, total kapitalisasi pasar crypto tidak banyak berubah dari posisi pekan lalu ($2,5 triliun), yakni di kisaran $ 2,47 triliun ketika artikel ini ditulis.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Bitcoin (BTC) ➡️ Bullish 🚀

BTC kemungkinan besar masih akan diselimuti sentimen positif pada minggu ini. Sepanjang minggu lalu, jumlah aliran dana yang masuk ke ETF Bitcoin spot mencapai $1,83 miliar. Angka tersebut naik hampir 10x lipat dibanding pekan sebelumnya yang hanya $170,9 juta. Jika tren akumulasi masih berlanjut, BTC akan menjadi salah satu token yang bullish pada pekan ini.

Apalagi pergerakan BTC secara teknikal memperlihatkan struktur yang bullish. Saat ini BTC memperlihatkan flag pattern yang mengindikasikan BTC bisa mengalami rally hingga 45%. Namun, target yang lebih realistis untuk BTC saat ini adalah melewati level $73.650. Jika berhasil, maka BTC akan mencatatkan All Time High (ATH) baru.

Namun, secara makro FOMC meeting yang akan digelar pada 12 Juni patut jadi perhatian pelaku pasar. Sejauh ini pasar mengekspektasikan The Fed masih akan mempertahankan suku bunga. Namun, mereka akan mengamati hasil rapat untuk mencari petunjuk kapan The Fed akan mulai memangkas suku bunga dan berapa kali dalam setahun ini. Harga BTC akan kembali bergerak merespons hasil pertemuan tersebut.

Di saat bersamaan, data Consumer Price Index (CPI) bulan Mei yang digunakan mengukur inflasi AS akan diumumkan. Jika ternyata angkanya lebih tinggi dari perkiraan, bisa jadi akan memengaruhi sikap The Fed terkait pemangkasan suku bunga.

Token Sektor RWA (ONDO, CPOOL, TRU, MPL) ➡️ Bullish 🚀

Sejauh ini, token di sektor RWA berhasil mempertahankan kinerja mereka di tengah koreksi besar-besaran mayoritas altcoin. Berdasarkan dashboard @dyorcrypto di Dune, 5 dari 10 token dengan kinerja yang lebih kuat dibanding BTC adalah token dari sektor RWA. Kelimanya adalah KLIMA, OM, MPL, TRU, dan CPOOL.

Sementara secara kesuluruhan, narasi RWA juga punya sentimen yang kuat dibanding narasi lainnya, khususnya dalam 24 jam terakhir. Sebenarnya, solidnya kinerja sektor RWA tidak terlepas dari peranan investor institusional. Berkat teknologi tokenisasi, investor institusional dengan dana kelolaan besar bisa menyimpan dananya di protokol RWA.

Berbekal dengan kuatnya kinerja OM, MPL, TRU, CPOOL, tidak menutupkan kemungkinan tren positif tersebut akan berlanjut. Selain itu, protokol RWA dengan TVL dan market cap terbesar, yakni ONDO juga tetap patut diperhatikan. Jika BTC berhasil menguat pekan ini, sektor RWA besar kemungkinan akan jadi yang paling pertama merasakan dampak positifnya.

FET, AGIX, OCEAN ➡️ Tidak Menentu⚖️

Fetch Ai (FET), SingularityNET (AGIX), dan Ocean Protocol (OCEAN) akan melakukan merger menjadi satu entitas dengan nama baru Artificial Superintelligence Alliance (ASI). Pasca merger, ketiga ticker token tersebut akan berganti menjadi $ASI. ASI merupakan protokol open-source yang berfokus pada jaringan terdesentralisasi di industri Artificial Intelligence (AI).

Proses merger yang melibatkan tiga protokol sekaligus merupakan yang pertama kali terjadi di industri crypto. Di satu sisi, pergerakan ketiga token tersebut cenderung terkonsolidasi dan selalu gagal ketika hendak mengalami breakout dalam beberapa waktu terakhir. Oleh sebab itu, menarik untuk memerhatikan respon pasar pasca merger tersebut.

Jika ternyata momen merger tidak sesuai yang diharapkan atau justru dijadikan “sell the news”, tekanan jual dapat memicu terjadinya koreksi. Namun, tidak menutup kemungkinakan keberhasilan merger akan memicu aksi beli. Asumsi bahwa ASI bisa menjadi token potensial di sektor AI bisa mendorong kenaikan harga.

Aptos (APT) & StarkNet (STRK) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Pada pekan ini terdapat dua protokol yang akan melakukan token unlock yakni Aptos (APT) dan StarkNet (STRK). APT akan melakukan token unlock sebesar 11,3 juta atau sekitar 2,58% dari total sirkulasi pada 12 Juni 2024. Jumlah tersebut setara dengan $96 juta yang akan dibuka untuk investor dan tim Aptos.

Sementara STRK akan melakukan token unlock sebesar 64 juta atau sekitar 4,92% dari total sirkulasi pada 15 Juni 2024. Dengan valuasi STRK saat ini, yakni $1,14 maka token unlock tersebut setara dengan $72,96 juta.

Adanya tambahan pasokan token bisa memicu volatilitas pada harga APT dan STRK dalam jangka pendek. Apalagi, token tersebut dilepaskan untuk tim pengembang dan investor yang bisa saja langsung menjual tokennya. Namun, jika ternyata permintaan yang muncul bisa mengimbangi atau tekanan jual tidak signifikan, bisa jadi harga APT dan STRK akan stagnan atau sedikit menguat.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Brett (BRETT): 🔼70,75% (Rp 2,830)
  • Mantra (OM): 🔼23,90% (Rp 17.671)
  • Ordinals (ORDI): 🔼23,40% (Rp 932.560)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Highstreet (HIGH): 🔽51,19% (Rp 60.504)
  • My Neighbor Alice (ALICE): 🔽36,84% (Rp 26.840)
  • Portal (PORTAL): 🔽31,28% (Rp 13.083)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *