Kategori
Artikel Pilihan Menengah

Membuka Kotak Pandora, Apa itu ERC-404?

Reading Time: 5 minutes

Kita menemui kode status HTTP “404 Not Found” ketika mengakses sesuatu yang salah di sebuah situs web. Namun, dalam dunia blockchain, istilah “404” memiliki arti baru melalui token ERC-404. Token ini menandakan bahwa ia merupakan eksperimen baru yang belum pernah ada sebelumnya dalam dunia blockchain. Melalui proyek Pandora, ERC-404 dengan cepat menjadi topik menarik di tengah terus berkembangnya inovasi-inovasi baru. Tetapi, apa itu ERC-404 dan bagaimana Pandora menjadi proyek kreatif dalam ekosistem ERC-404? Temukan jawabannya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ✨ ERC-404 adalah sebuah inovasi dalam standard token yang menggabungkan elemen dari token ERC-20 dan ERC-721 di Ethereum. Ia menciptakan konsep semi-fungible token.
  • 🟥 Pandora adalah proyek pertama yang mendukung implementasi ERC-404 dengan token PANDORA dan NFT Replicants.
  • 🖼️ Tujuan utama dari ERC-404 adalah untuk menyediakan likuiditas bagi NFT dan memfasilitasi fragmentasi asli dari NFT.
  • 🧩 Selain Pandora, beberapa contoh proyek yang mendukung ERC-404 adalah Wasabi Protocol, Teller, DeFrogs, dan Non-Playable Coin.

Apa itu ERC-404?

Apa itu ERC-404? ERC-404 adalah sebuah eksperimen standard token yang menggabungkan jenis token ERC-20 dan ERC-721. Pada ekosistem Ethereum, kita mengenal token ETH (ERC-20) dan NFT (ERC-721). ERC-20 adalah token yang dapat saling dipertukarkan dengan yang lain dengan nilai yang sama (fungible), sedangkan NFT adalah token yang unik dan memiliki nilai yang berbeda satu sama lain (non-fungible).

Standard token ERC-404 memperkenalkan konsep semi-fungible token yang menggabungkan sifat fungible dan non-fungible. Artinya, meskipun token dapat dibagi dan diperdagangkan dalam jumlah yang lebih kecil, setiap unit tetap memiliki karakteristik unik yang dapat diidentifikasi.

Jika kamu membeli 1 token ERC-404, kamu juga akan mendapatkan 1 NFT di wallet kamu. Sebaliknya, jika kamu menjual 1 token ERC-404, maka NFT akan di-burn dan hilang dari wallet.

Tujuan pembuatan ERC-404 adalah menyediakan likuiditas pada NFT dan memberikan fragmentasi asli pada NFT. Ini berarti setiap NFT dapat dijual kapan saja tanpa perlu mencari pihak pembeli selama ada liquidity pool-nya. Kemudian, pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman lebih baik dalam membuat fraksional NFT dengan fragmentasi asli ERC-404, tanpa melibatkan pihak ketiga dalam membagi dan mengumpulkan NFT kembali.

Pelajari lebih lanjut tentang apa itu fraksional NFT yang menjadi salah satu jenis NFT dalam ERC-404 di artikel Fractional NFT: Cara Baru dalam Investasi Aset Digital.

Jenis token ERC-404 diperkenalkan oleh tim developer Pandora dengan nama samaran yaitu ctrl, Searn, Acme, dan Hohenheim. Mereka membuat proyek Pandora untuk membuat token pertama dengan standard token ERC-404 pada 2 Februari 2024. Meskipun mereka telah melakukan beberapa tes, jenis token ini masih belum diaudit dan berpotensi membawa beberapa risiko.

Cara Kerja ERC-404

erc-404 works
Sumber: Stacy Muur

ERC-404 terbentuk dengan memadukan elemen-elemen dari standard ERC-20 dan ERC-721. Sebenarnya, secara tradisional elemen tersebut tidak dirancang untuk bisa berinteraksi. Oleh karena itu, token ini masih bersifat eksperimental dan masih dalam tahap pengembangan.

Seperti yang telah dijelaskan, kamu akan mendapatkan 1 NFT ketika kamu membeli 1 token ERC-404. Artinya, kamu memiliki token ERC-20 dan NFT.

Token ERC-20 dalam wallet dapat diperdagangkan di bursa terdesentralisasi (DEX) seperti Uniswap. Sementara itu, NFT dapat kamu jual belikan di marketplace NFT seperti OpenSea dan Blur.

Stacy Muur dalam akun X-nya memberikan ilustrasi yang menjelaskan tentang mekanisme ERC-404 dengan mudah dipahami:

  1. Jika kamu memiliki 1 token ERC-404, lalu kamu menjual 0,5 token ERC-404, maka NFT akan di-burn.
  2. Jika kamu memiliki 0,5 token ERC-404, lalu kamu membeli lagi 0,5 token ERC-404, maka NFT akan dicetak ke wallet kamu.
  3. Lalu, jika kamu memiliki 1 token ERC-404, lalu kamu menjual NFT, maka kamu kehilangan 1 token ERC-404 karena dengan menjual 1 NFT sama juga kamu menjual 1 token ERC-404.
NFT akan dicetak secara random ketika kamu menggabungkan dua token (pada poin 2), sehingga nilainya bervariasi. Hal ini juga menentukan kelangkaan dari sebuah NFT.

Apa itu Pandora?

Sumber: OpenSea

Setelah mengetahui apa itu ERC-404, kita beralih ke platform Pandora. Pandora adalah platform pertama yang mengimplementasikan konsep ERC-404 melalui token PANDORA. Token ini memiliki pasokan sebanyak 10.000 PANDORA yang terikat dengan 10.000 NFT yang disebut Replicants.

NFT Replicants hadir dalam bentuk kotak dengan lima varian warna, yakni hijau, biru, ungu, oranye, dan merah. Warna merah menandakan NFT yang langka, sementara warna hijau menunjukkan NFT yang umum.

Berhubungan nama Pandora dan NFT Replicants yang berbentuk kotak, nantinya kemungkinan kotak-kotak tersebut akan terbuka untuk mengungkap karya seni yang berbeda.

Sumber: Coingecko

Per 22 Februari 2024, token PANDORA berada di harga 17 dollar AS dengan market cap sebesar 171 juta dollar AS. Sementara NFT Replicants mencapai floor price 6,89 ETH dengan pemilik NFT sebanyak 1.448.

Dikutip dari The Block, pada peluncurannya, 7% dari pasokan dialokasikan kepada tim dan kontributor awal. Saat peluncuran, tim membeli 23% dari total pasokan yang digunakan untuk menyediakan likuiditas ekstra melalui pembuat pasar atau penawaran token.

Kamu bisa mendapatkan PANDORA di DEX Uniswap dan NFT Replicants di OpenSea atau Blur.

Proyek-proyek ERC-404

erc-404 ecosystem
Sumber: Alex Wacy

Sejak diluncurkan, beberapa proyek telah mulai bereksperimen dengan token PANDORA. Berikut beberapa proyek yang berada dalam ekosistem ERC-404:

  • Wasabi Protocol: Platform perdagangan Wasabi Protocol telah mencantumkan PANDORA sebagai aset untuk perpetual trading.
  • Teller: Platform pinjaman Teller telah menambahkan PANDORA/USDT sebagai trading pair. Pengguna dapat menggunakannya sebagai jaminan untuk pinjaman.
  • DeFrogs: DeFrogs (DEFROGS) adalah koleksi PFP NFT pertama yang menerapkan konsep ERC-404. NFT ini bertema Pepe the Frog dengan koleksi sebanyak 10.000 NFT.
  • Non-Playable Coin: Con-Playable Coin (NPC) adalah token unik yang menggabungkan karakteristik meme coin dan NFT. Token ini tersedia di Ethereum dan Base.

Masa Depan dan Tantangan ERC-404

ERC-404 bukanlah jenis standard token yang resmi dalam Ethereum. Ia merupakan token eksperimental dan belum diaudit secara resmi. Namun demikian, tim developer berencana untuk mengajukan proposal ERC-404 sebagai Ethereum Improvement Proposal (EIP). Selama belum resmi sebagai standard token Ethereum, token ini memiliki risiko tinggi seperti meme coin lainnya.

Alex Wacy dalam akun X-nya mengatakan bahwa ERC-404 memungkinkan pembuatan berbagai aset digital unik, seperti tokenisasi RWA, GameFi, dan barang koleksi, sehingga tidak hanya terbatas pada NFT. Pendekatan ini memberikan akses ke aset bernilai tinggi tanpa hanya mengandalkan pasar NFT yang mungkin kurang likuid.

Selain itu, ctrl mengungkapkan pada The Block bahwa timnya juga sedang mempersiapkan peluncuran protokol sangat cepat yang bisa mempercepat adopsi token ERC-404. Hal ini akan memberikan kepada pencipta dan developer alat dan infrastruktur untuk membangun produk yang melibatkan token ERC-404.

Meskipun sudah ada beberapa proyek yang menerapkan ERC-404, jenis token ini masih memiliki kendala teknis. Karena sifatnya sebagai standard token yang tidak resmi, sehingga banyak platform dan marketplace NFT tidak mendukung ERC-404 secara default.

Kesimpulan

ERC-404 adalah sebuah eksperimen dalam standard token yang menggabungkan token ERC-20 dan ERC-721 sehingga menciptakan konsep token semi-fungible. Pandora adalah proyek pertama yang mendukung implementasi ERC-404 dengan token PANDORA dan NFT Replicants.

Meskipun masih dalam tahap eksperimental dan belum diaudit secara resmi, ERC-404 memiliki potensi dalam perkembangan NFT di ekosistem blockchain. Namun, tantangan utamanya adalah dukungan platform dan marketplace yang terbatas serta kendala teknis yang masih perlu diatasi.

Referensi

  1. Tim Copeland, These developers are mashing ERC-20 tokens and NFTs together: Will it work? The Block, diakses 20 Februari 2024.
  2. William M. Peaster, ERC-404 and Why It Matters, Bankless, diakses 20 Februari 2024.
  3. Stephen Graves, What Is ERC-404? The Experimental ‘Semi-Fungible’ Ethereum Token Standard, Decrypt, diakses 20 Februari 2024.
  4. Alex Wacy, Dive into ERC-404 ecosystem with 1000x potential? X, diakses 21 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *