Kategori
NFT Pemula

Lampaui Ethereum, Kenali Perkembangan Proyek-proyek NFT di Solana

Reading Time: 7 minutes

Kita mengenal beberapa NFT populer seperti Bored Ape Yacht, Cryptopunk, dan Azuki yang telah mendominasi pasar NFT dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, kita menyaksikan kebangkitan popularitas NFT, namun melalui koleksi NFT di blockchain Solana, seperti Mad Lads, Tensorian, dan Solpunks. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih mendalam mengenai perkembangan NFT di Solana dan mengeksplorasi proyek-proyek yang menjadi pendorong utama pertumbuhan ini.

Ringkasan Artikel

  • ⬆️ Dalam tiga bulan terakhir, volume perdagangan NFT di Solana meningkat hampir 500% yang didorong oleh kehadiran proyek-proyek seperti Mad Lads dan Tensorians.
  • 🌉 Pada November 2023, lebih dari 4 juta dolar AS di-bridge dari Ethereum ke Solana. Hal ini menunjukkan ketertarikan trader NFT di Ethereum terhadap ekosistem NFT Solana.
  • 🖼️ Beberapa proyek NFT Solana mengalami peningkatan nilai yang signifikan, seperti Mad Lads, Quekz, Tensorians, Claynosaurz, dan Solpunks.
  • 🏃 Skalabilitas dan biaya rendah di blockchain Solana menjadi faktor penting dalam peningkatan aktivitas di jaringan ini.

Perkembangan NFT di Solana

Dalam 3 bulan terakhir, volume NFT di Solana meningkat hampir 500%! Lonjakan volume didorong oleh koleksi NFT seperti Mad Lads dan Tensorians yang secara singkat menjadikan Solana sebagai rantai terbesar dengan volume perdagangan NFT dalam 7 hari.

Bahkan pada November 2023, ada lebih dari 4 juta dolar AS yang di-bridge dari ETH ke SOL. Ini menunjukan bahwa perkembangan NFT di Solana mulai menarik perhatian para trader NFT di jaringan Ethereum.

Di samping itu, Magic Eden, marketplace NFT populer di Solana, telah mengumumkan peluncuran Magic Eden Wallet (versi beta) pada awal Desember 2023. Wallet ini menawarkan fitur-fitur menarik yang memudahkan pengalaman transaksi NFT.

Dengan beberapa perkembangan ekosistem dan meningkatnya adopsi oleh pengguna yang luas, Solana membuktikan bahwa ia dapat keluar dari dampak kejatuhan FTX Exchange. Disamping itu, kondisi makroekonomi global yang cenderung menjauh dari kenaikan suku bunga dan antisipasi ETF spot Bitcoin dan Ether, membuat para investor mungkin lebih terbuka terhadap risiko.

Baca juga: Bagaimana Masa Depan dan Perkembangan NFT?

Skalabilitas dan biaya rendah di blockchain Solana menjadi faktor penting dalam peningkatan aktivitas di jaringan ini. Seperti yang kita ketahui, Solana dapat memproses hingga 65.000 TPS.
Sumber: Messari

Peningkatan data secara on-chain tidak hanya terjadi dalam sektor DeFi Solana, tetapi juga menyentuh sektor NFT. NFT yang sering disebut-sebut sudah tidak bernilai, kini menunjukan kembali daya tariknya.

Kenaikan nilai beberapa proyek NFT Solana seperti Mad Lads, Quekz, dan Solpunks, dapat memicu minat lebih lanjut dari para kolektor dan investor. Per 21 Desember 2023, NFT Mad Lads naik lebih dari 43% dalam 24 jam terakhir. Bahkan dalam sebulan terakhir, proyek NFT lainnya seperti PFP pixel-art Quekz naik lebih dari 713%, dan Solpunks meningkat hingga 400%. Namun, di awal bulan Januari volume perdagangan terlihat mengalami koreksi seiring dengan perkembangan kondisi pasar crypto.

Berikut beberapa proyek NFT di Solana yang menarik perhatian para komunitas NFT.

1. Mad Lads

Sumber: Solana Floor

Mad Lads adalah koleksi PFP yang terdiri dari 10.000 NFT: 8682 karakter male dan 968 karaker female. Pada peluncurannya 20 April 2023, masing-masing NFT di-mint dengan harga 6.9 SOL. Estetika koleksi ini mencakup berbagai PFP manusia (atau humanoid) yang diilustrasikan dengan pakaian, senjata, aksesori unik, dan atribut biologis langka yang menggambarkan karakter, robotik, dan undead.

Baca juga: PFP: Kategori NFT Paling Populer.

Per 5 Januari 2023, floor price Mad Lads berada di 176 SOL atau setara dengan 17.902 dolar AS. Dalam 24 jam, Mad Lads telah meningkat 14% dengan volume perdagangan sebesar 7.166 SOL atau 727.033 dolar AS.

Mad Lads dikembangkan oleh perusahaan developer Solana framework, yaitu Coral. Coral juga terkenal akan produknya, yaitu Backpack, sebuah aplikasi all-in-one wallet dalam ekosistem Solana.

Aspek yang membuat Mad Lads unik adalah cara peluncurannya. Proyek ini secara eksklusif diluncurkan melalui aplikasi wallet Backpack. Ini berarti untuk membeli atau melakukan aktivitas terkait dengan Mad Lads, pengguna harus menggunakan Backpack.

Cara tersebut dianggap sebagai cara kreatif untuk memperkuat posisi Backpack di ekosistem Solana. Hal ini karena wallet ini dibangun untuk “executable NFTs” (xNFTs). xNFT adalah token non-fungible (NFT) yang disematkan dengan skrip pemrograman yang dapat dijalankan.

Co-Founder blockchain Solana, Anatoly Yakovenko dan Raj Gokal bahkan ikut bergabung sebagai kolektor NFT Mad Lads. Mereka sempat mengubah profile picture Twitter untuk mendukung proyek yang sedang berkembang ini.

2. Tensorians

Sumber: Tensorians

Tensor adalah marketplace NFT yang didesain untuk para trader NFT profesional dan degens di ekosistem Solana. Tensor memiliki koleksi NFT yang disebut Tensorians. Komunitas NFT ramai membicarakan kemungkinan airdrop token Tensor. Nantinya, para pemilik Tensorians digadang-gadang akan mendapatkan airdrop token Tensor yang lebih banyak.

Baca juga artikel Blur yang merupakan marketplace NFT untuk para trader NFT profesional di Ethereum.

Tensor menggunakan mekanisme minting NFT baru di Solana (compressed NFT) untuk membuat 100.000+ NFT dengan biaya yang sangat rendah.

NFT Tensorians adalah koleksi PFP dengan gambar piksel yang terdiri dari 10.000 NFT. Dikembangkan oleh Tensor Labs, karya seni Tensorians terinspirasi dari permainan video klasik. Di awal bulan Desember 2023, Tensorians menjadi proyek NFT yang paling banyak diperdagangkan dengan nilai penjualan lebih dari 4 juta dolar AS.

NFT Tensorians dirilis pada bulan September 2023. Saat ini, Tensorians memiliki floor price sebesar 110 SOL atau sekitar 11.070 dolar AS, dengan total volume harian sebesar 8.860 SOL atau 891.656 dolar AS, meningkat 58%.

Para pemegang Tensorians NFT memiliki beberapa manfaat, seperti berikut:

  • Akses eksklusif ke acara dan pengalaman Tensorians.
  • Akses awal ke fitur baru seperti Swapsorian, Staking, dan lain-lain.
  • Peluang berkolaborasi dengan Tensor Labs dan seniman lainnya.
  • Hak suara dalam masa depan ekosistem Tensorians NFT.

Masa depan Tensorians NFT penuh dengan kemungkinan menarik. Tensor Labs berkomitmen untuk terus memperluas ekosistem Tensorians NFT dengan memperkenalkan karakter, alur cerita, dan pengalaman interaktif baru. Selain itu, tim sedang mengeksplorasi integrasi Tensorians NFT ke dalam metaverse sehingga dapat menciptakan transisi mulus dari ranah digital ke dunia virtual yang mendalam.

3. Quekz

Sumber: Quekz

Quekz adalah koleksi NFT di Solana yang menampilkan karya seni piksel karakter bebek (quekz) yang terdiri dari 4.500 NFT. Terdapat 18 tipe bebek dalam koleksi ini berdasarkan warna seperti aqua, dark blue, gradient gold, solana, dan lain-lain.

Koleksi ini juga dilengkapi dengan beberapa traits yang dapat menentukan kelangkaan koleksi seperti background, pakaian, duck bill, dan lain-lain. Beberapa aksesori turut menghiasi koleksi Quekz seperti eye patch, angel wings, gold chain, dan lain-lain.

Data dari Crypto Slam menunjukan bahwa dalam 30 hari terakhir, perdagangan NFT ini meningkat 122% dengan total penjualan sebesar 5.973.124 dolar AS! Saat ini, floor price Quekz berada di harga 25.5 SOL atau 2.566 dolar AS dengan volume perdagangan 24 jam sebesar 37.664 dolar AS, naik 3% dari hari sebelumnya.

4. Claynosaurz

Sumber: Claynosaurz

Claynosaurz adalah koleksi NFT yang menampilkan karya animasi 3D karakter dinosaurus yang terdiri dari 10.222 NFT. Diluncurkan pada November 2022, koleksi ini memiliki tujuh spesies Clayno: Rex, Trice, Stego, Ankylo, Bronto, Raptor, dan Dactyl.

Claynosaurz menawarkan pengalaman memiliki koleksi NFT yang menarik. Selain memiliki cerita dan karakter dalam setiap koleksi, kamu juga bisa membuat NFT kamu sendiri dengan menggabungkan beberapa items. Tak hanya itu, pemegang NFT ini juga mendapatkan akses ke komunitas Claynosaurz dan memiliki kesempatan untuk kolaborasi dan menghadiri event IRL Claynosaurz.

Proyek ini diinisiasi pada tahun 2021 oleh Danial Cabral and Nicholas Cabana yang berpengalaman dalam dunia animasi. Kemudian, proyek ini dikembangkan oleh tim yang berpengalaman dalam industri kreatif seperti Sony, Disney, Dreamworks, Ubisoft, Netflix, Warner Bros, Marvel, Industrial Light & Magic, dan lain-lain.

Saat artikel ini ditulis, floor price NFT Claynosaurz berada di 35.7 SOL atau sekitar 3.593 dolar AS. Dalam satu bulan, NFT ini meningkat 36% dengan total penjualan sebesar 6.581.616 dolar AS.

5. Solana Punks (Solpunks)

Sumber: Solpunks

Solana Punks adalah koleksi NFT yang terdiri dari 10.000 NFT. NFT ini memiliki atribut yang sama dengan OG CryptoPunks di Ethereum. Perbedaan Solana Punks dengan Cryptopunks adalah background gradient Solana dan bahasa pengkodeannya.

Solpunks adalah salah satu NFT pertama yang di-mint di blockchain Solana pada Mei 2021. Setelah proses minting selesai di Juni 2023, Solpunks OG mulai diperdagangkan melalui OTC di Telegram. Hal ini dilakukan karena pada saat itu belum ada marketplace NFT yang memadai di Solana.

Dikutip dari website resmi Solpunk, Solanart menjadi marketplace NFT pertama di Solana yang kemudian memperdagangkan koleksi Solpunks. Solanart dan Solpunks merupakan produk blockchain yang dikembangkan oleh tim yang sama. Namun, saat ini proyek Solpunks seluruhnya dikembangkan oleh komunitas dengan sistem Decentralized Autonomous Organization (DAO).

Solpunks memiliki floor price yang lebih rendah dibandingkan koleksi NFT yang disebutkan sebelumnya, yaitu 3 SOL atau 305 dolar AS. Namun, penjualan Solpunks dalam 30 hari terakhir meningkat 55% mencapai 294.215 dolar AS dengan total pemilik NFT sebanyak 4.527 owners.

Kesimpulan

Dalam tiga bulan terakhir, perkembangan ekosistem NFT di Solana mengalami peningkatan volume perdagangan hampir 500%. Proyek-proyek terkenal seperti Mad Lads dan Tensorians menjadi pendorong utama.

Proyek-proyek NFT di Solana terus mengalami perkembangan dengan menunjukan peningkatan yang signifikan. Dengan pertumbuhan ini, Solana terus memperkuat posisinya dalam ekosistem NFT, menarik perhatian kolektor dan investor dengan proyek-proyek yang inovatif dan beragam.

Referensi

  1. Lorepunk, Why Are Solana NFTs Booming? It’s About Liquidity, NFT Now, diakses 20 Desember 2023.
  2. Messari Team, Solana Fundamentals vs Ethereum, Messari, diakses 20 Desember 2023.
  3. Coinbackyard Team, Tensorians NFT: Unveiling The Digital Masterpieces Of The Pixel Art Renaissance, Coinbackyard, diakses 21 Desember 2023.
  4. Andrew Hayward, Solana’s Mad Lads Top Bored Apes in Daily NFT Sales as Prices Surge, Decrypt, diakses 21 Desember 2023.
  5. Erika Lee, Claynosaurz: An Exclusive Look at the Rising Solana Community, NFT Now, diakses 22 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *